Breaking News:

Inspiratif

Urang Banjar Bawa Gelar Doktor dari Jepang, Dapat Izin Khusus Masuk Kampus Saat Pandemi Covid-19

Anni Nurliani (38), Dosen Program Studi Biologi FMIPA ULM berhasil meraih gelar doktor di Jepang setelah menyelesaikan studi S3 selama 4 tahun

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lega sudah Anni Nurliani (38). Dosen Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini berhasil meraih gelar doktor di Jepang. Dia telah menyelesaikan studi S3 di UGSVS, Gifu University, selama empat tahun.

Perjuangan begitu berat dilewatinya selama menyelesaikan disertasi lantaran pandemi Covid-19. Serangan virus corona membuat banyak kegiatan kampus ditiadakan.

“Perjuangannya tentu berbeda dan terasa lebih berat karena suasana Covid-19. Proses penulisan disertasi dibaluti dengan perasaan cemas dan kewaspadaan, serta protokol kesehatan yang sangat ketat, “ ucap lulusan S1 Biologi FMIPA ULM ini dalam perbicangan dengan BPost, Senin (31/8/2020).

Ketika itu kampus ditutup. Hanya sepertiga profesor yang berada di kampus. Sementara seluruh mahasiswa diminta untuk SFH (Study From Home).

“Saya mendapat izin khusus dari kampus karena saya adalah mahasiswa S3 semester akhir sehingga Alhamdulillah saya tetap bisa datang ke kampus, menyusun disertasi, konsultasi dengan supervisor, maupun melakukan eksperimen tambahan, “ tambahnya.

Perjalanannya ke Jepang berawal dari ikut seleksi Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) pada 2 Mei 2016. Beasiswa ini merupakan kolaborasi antara Kemenristekdikti dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Dosen yang mengikutinya harus memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Setelah mengikuti seleksi nasional, Anni berhasil lolos. Dia pun bertolak ke membawa serta keluarganya. Ini karena beasiswa ini memberikan tunjangan bagi dua anggota keluarga. Mereka tinggal di sebuah apartemen di Obihiro, Pulau Hokkaido.

Ibu dua anak ini akhirnya resmi dinyatakan lulus dari Gifu University pada 28 Agustus 2020. Ia pun akan melaksanakan Graduation Ceremony pada 18 September 2020.

Istri Barkatullah Amin tersebut rencananya kembali ke Banjarbaru pada 24 September. Terlebih kedua anaknya kembali bersekolah di Banjarbaru sejak 13 Juli secara jarak jauh. Nabilah Putri Amalia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama dan Muhammad Zaidan masih Sekolah Dasar.

Halaman
12
Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved