Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Dorong Pemulihan Ekonomi, Laju Penyaluran Kredit Bank Mandiri Capai Rp 871,7 Triliun

Laju penyaluran kredit Bank Mandiri Rp 871,7 triliun pada semester I tahun ini mendorong percepatan pemulihan ekonomi terdampak pandemi Covid-19

istimewa/Bank Mandiri
Pembagian masker Bank Mandiri 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bank Mandiri berupaya memperkuat kontribusi untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. 

Hal ini terlihat dari laju penyaluran kredit Bank Mandiri konsolidasi yang meningkat 4,38 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp 871,7 triliun pada semester I tahun ini.

Dari capaian tersebut secara bank only, laju penyaluran kredit produktif perseroan mencapai 4,23 persen yoy menjadi Rp 585,3 triliun dibandingkan Juni 2019, yang terdiri atas kredit modal kerja sebesar.Rp306,4 triliun dan kredit investasi sebesar Rp279,0 triliun. 

Update Covid-19 Kabupaten Batola: Positif Bertambah 2 Orang, Total Menjadi 568 Orang

Pilkada Kalsel 2020 - Dua Paslon Pilgub Sama-sama Daftar di KPU pada 5 September 2020

Festival Pencak Silat Budaya Tingkat Provinsi Kalsel 2020, Berikut Teknis dan Kategori Juara

Sementara kredit konsumsi tumbuh 3,56 persen yoy menjadi Rp169,5 triliun yang diperlukan untuk mendorong tingkat konsumsi rumah tangga dalam struktur Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano Rumantir mengungkapkan, saat ini salah satu fokus penyaluran kredit perseroan adalah membantu para pelaku usaha terdampak Covid-19 untuk mengembalikan kapasitas produksi yang sempat menurun akibat pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi yang diberlakukan di sebagian besar wilayah Indonesia.

"Dengan telah dilonggarkannya kebijakan pembatasan ini, kami berharap apa yang kami lakukan dapat ikut memulihkan denyut nadi perekonomian Indonesia dan mengembalikan optimisme Indonesia untuk bangkit dari krisis akibat pandemi," kata Silvano melalui keterangan resmi kepada Banjarmasinpost.co.id.

Selain itu, partisipasi lain Bank Mandiri dalam mendukung pemulihan ekonomi Indonesia juga terlihat penyaluran kredit yang bersumber dari penempatan uang negara di bank-bank Himbara untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. PMK.104/2020. 

Dari penempatan sebesar Rp 10 triliun, Bank Mandiri beroptimis mampu menyalurkan kredit hingga Rp 30 triliun yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

"Adapun realisasi penyaluran kredit PEN per tanggal 13 Agustus 2020 telah mencapai Rp26,9 triliun kepada 50.596 debitur. Dari jumlah tersebut, sebanyak 33.828 debitur atau 66,9 persen diantaranya  merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," tukasnya.

(banjarmasinpost.co.id/Mariana)
 

Penulis: Mariana
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved