Berita Banjarbaru

Penumpang Meningkat, Bandara Syamsudin Noor Tambah Satu Jam Operasional Penerbangan

Bandara Internasional Syamsudin Noor tambah jam operasional dari semula dimulai pukul 07.30 Wita hingga 17.00 Wita menjadi sampai pukul 18.00 Wita

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda
GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Amiruddin Florensius, (duduk didepan) memberikan penjelasan kepada pers soal pengubahan jam operasional di Bandara Syamsudin Noor, Rabu (2/9/2020) 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pihak Bandara Internasional Syamsudin Noor resmi mengubah jam operasional bandara dengan menambah satu jam dari lebih lama dari biasanya.

Biasanya, jam operasional yang semula dimulai pukul 07.30 hingga 17.00 wita. kini menjadi 07.30 sampai 18.00 wita.

Sementara informasi perubahan jadwal ini ditujukan kepada warga yang akan melakukan perjalanan udara hingga 30 September 2020 nanti melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor.

General Manager (GM) Bandara Internasioal Syamsuddin Noor, Amiruddin Florensius, kepada pers di Kalsel, Rabu (2/9/2020) membenarkan bahwa ada perubahan jam operasional yang kian diperpanjang satu jam dari biasanya itu.

VIDEO Pemberlakuan Perwali Nomor 68 Tahun 2020 di Kota Banjarmasin, Tim Sasar Pasar Alalak Selatan

Alumni Ini Resmikan Gedung Baru Uniska di Kabupaten Batola Senilai Rp 10 Miliar

Antisipasi Tindak Kejahatan, Polsek Timpah Rutin Patroli Malam Sasar Objek Vital Mesin ATM

Hal itu dilakukan setelah adanya rapat atau pertemuan dengan pihak maskapai atas merespon demand atau permintaan pasar yang kian meningkat.

"Airline pun mulai tambah slot penerbangan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini. Dengan tambahan satu jam oeprasional sudah ada penambahan 10 pergerakan pesawat. Karena satu jam ini sudah dimanfaatkan penambahan lima slot penerbangan yang masuk dan lima keluar dari dan akan ke Bandara Syamsudin Noor, " tandas Amiruddin Florensius.

Disinggung mengapa tidak sampai malam? Amiruddin menjelaskan bahwa hal itu juga pertimbangan dari efektif dan efisien di kala penerbangan Covid-19 ini.

"Kalau malam tidak ada penumpang juga, terus ngapain kita buka, artinya efektif tidaknya. Tapi tetap kita akan sesuaikan. Jika adanya demand atau permintaan pasar maka kita pasti akan merespon cepat," tandas Amiruddin yang merupakan mantan GM Pattimura Airport di Ambon itu.

Diakuinya, jumlah penumpang dalam tiga bulan belakangan ( Juni juli Agustus), mulai ada peningkatan. Tentunya data penambahan ini adalah indikasi yang bagus di dunia penerbangan. Sehingga masyarakat bisa tambah yakin untuk melakukan penerbangan dengan baik, aman serta lancar.

"Pertumbuhan penumpang lumayan. Kami sempat merekam ada sekitar 73 persen pertumbuhan jika di banding bulan sebelumnya. Ini bukti bahwa penerbangan sudah mulai tumbuh lagi," tandas Amiruddin.

Terekam dari data di PT Angkasa Pura ada sebanyak 42.983 penumpang tiba dan berangkat selama bulan Juni 2020 dan meningkat menjadi 76.208 penumpang pada bulan berikutnya.

Adapun pada bulan Agustus penumpang datang sebanyak 54.967 dan yang berangkat sebanyak 46,432.
Sementara yang transit 842 penumpang.

Apabila dilakukan rata-rata, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Syamsudin Noor pada bulan Juni 2020 adalah 1.433 penumpang per hari, pada Juli 2458 penumpang. Sedangkan untuk di bulan Agustus saja rata ratanya 3371 penumpang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved