Breaking News:

Ekonomi dan Binis

Tas Purun Rumah Kreatif Banjarmasin Dipesan Konsumen Jakarta, Bali dan Yogya

Pemesan tas purun produk Rumah Kreatif Banjarmasin berasal dari Jawa dan Bali.

edi nugroho
TAS purun. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - "Saya Ani dari Bekasi. Mau nanya tas purun anyaman biasa berapa harganya. Masih adakah stoknya." Itulah salah satu pertanyaan dari calon pembeli ke Wira Usaha Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut owner Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin, Muhammad Arifin, Selasa (1/9/2020),  pemesan tas purun tak hanya dari Bekasi, juga Jakarta, Yogyakarta, Karang Anyar, Bali, Cimahi dan Bandung.

"Paling banyak yang memesan dari Yogyakarta sebanyak 400 buah sejak dua bulan lalu. Kalau Jakarta dan Bekasi hanya 20 buah," paparnya.

Ditambahkan Arifin, karena memesan, mereka punya desain sendiri dan dikirim gambarnya ke pihaknya. Baru kemudian dibikinkan sesuai selera konsumen. Jadi, hasil kerajinan pun beda-beda dan membikinnya sekitar dua hari.

Sempat Terdampak Pandemi, Kerajinan Purun Khas Kalsel Ini Kini Tembus Kanada

Masih Produksi Kisi-kisi, Pengrajin di Banjarmasin Ini Keluhkan Sulitnya Dapatkan Kayu Ulin

Pusat Kerajinan Tangan Banjarmasin Ada di Galeri Dekranasda Rumah Anno 1925

Selain itu, lanjut dia, ada juga dari Astra international juga menjadikan beberapa kali event nasional se Indonesia yang memesan hasil kerajinan purun.

Menariknya, tas purun bikinan Kreatif dan Pintar Banjarmasin ini, selain buat dijual dan ada pula untuk suatu kegiatan. "Jadi, tas purun ini sebenarnya bisa dibuat mengikuti selera pasar nasional dan bisa dicantumkan sejarahnya," ucapnya.

Harga tas purun, kalau tidak bermotif harganya Rp 30.000 per pcs, sedangkan yang kreasi mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 250.000.

Menurut penerima penghargaan Apreasi Satu Indonesia Award Indonesia tahun 2016 Bidang Kewirausahaan ini menambahkan, yang mengayam tas purun ini dari kelompok binaannya di Mantuil dan Sutoyo S, menjahit kreasinya di Basirih dan Kelayan B.

(Banjarmasin post.co.id/Syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved