BTalk

Dokter Vina dari RSUD Ansari Saleh di BTalk: Begini Cara Merawat Kulit Saat di Rumah Saja

Menurut dokter spesialis kulit di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin Kalsel, Vina Dwiana, perawatan kulit tidak harus setiap hari, cukup seminggu 2-3 kali.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/KASPUL ANWAR
Dokter Vina Dwiana (kiri), Spesialis Kulit dan Kelamin di RSUD Ansari Saleh, Banjarmasin,Kalimantan Selatan, menjadi narasumber tentang perawatan kulit mandiri di rumah, dalam bincang di BTalk bersama jurnalis Banjarmasin Post, Salmah Saurin, Kamis (3/9/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meskipun saat ini dalam tahapan memasuki adaptasi kebiasaan baru, namun selama wabah corona ini, pemerintah tetap menganjurkan agar masyarakat lebih banyak di rumah saja. Dengan catatan, jika memang tidak ada keperluan penting.

Nah, bagi yang menuruti anjuran pemerintah, kaum hawa khususnya yang biasanya suka perawatan diri ke salon, masih bisa melakukan perawatan di rumah secara mandiri.

Pada acara B-Talk (Banjarmasin Post Bicara Apa Saja), Kamis (3/9/2020) yang mengangkat tema Rawat Kulit Mandiri, narasumber dr Vina Dwiana, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Ansari Saleh Banjarmasin memaparkan tentang perawatan kulit mandiri tersebut.

Bincang-bincang ini disiarkan live melalui Instagram @Banjarmasin Post, YouTube: Banjarmasin Post News  Video dan Facebook: BPost Online yang dipandu Salmah Saurin jurnalis Banjarmasin Post.

Menurut dr Vina, ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Pertama adalah cleansing atau pembersih, cukup gunakan sabun cair yang cocok dengan kulit kita.

UPDATE Covid-19 Kalsel: 110 Orang Positif, Terbanyak dari Balangan

Pendaftaran Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Kalsel, Masa Pendukung Dibatasi 20 orang

Pilkada Banjarmasin 2020, Tiga Bapaslon Mendaftar di Hari Pertama

VIDEO : Baznas Banjarmasin Bedah Dua Rumah Dhuafa

Haris Makkie-Ilham Nor Deklarasi Sebagai Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin

"Kemudian scrubble yang berguna mengangkat kulit mati. Bahannya bisa menggunakan gula pasir dikasih air sedikit kemudian oleskan ke wajah atau pakai beras atau juga biji buah maupun lidah buaya, oleskan ke bagian tubuh yang kasar," paparnya.

Perawatan kulit tidak harus setiap hari, cukup seminggu 2-3 kali. Apalagi kalau scrubbing, jangan tiap hari, karena saat kulit baru belum tumbuh malah kita angkat lagi. Idealnya pergantian kulit tubuh itu setiap 28 hari.

Perawatan kulit secara mandiri bisa dilakukan siapa saja. Dari segi usia, mulai bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Namun masing-masing kategori usia berbeda cara perawatannya.

"Perawatan kulit remaja 15 tahun, orang dewasa 30 tahunan dan orang tua 60 tahunan pastinya tidak sama. Disesuaikan usianya. Namun pastinya, jika kita rajin merawat kulit sejak muda, maka saat tua kulit akan tetap kelihatan cerah," tukas Vina.

Diingat pula perawatan kulit itu harus seluruh tubuh. Caranya adalah memerhatikan apa yang kita makan. Makanan harus sehat dan mengandung gizi. Makan vitamin dari buah sebelum makan, konsumsi sayuran dan susu, juga olahraga dan istirahat yang cukup.

Jika perawatan kulit mandiri memerlukan produk alami, maka yang utama adalah yang mengandung vitamin C dan vitamin A. Contoh buah apel yang dijus itu mengandung vitamin C, begitu juga kandungan yang sama pada daging buah durian maupun pepaya dan bisa ditempel di permukaan kulit.

"Bagi kulit berminyak, maka buah lemon bagus mengangkat kelebihan minyak di wajah. Tapi bagi yang kulitnya kering akan terasa pedih sih," ungkap Vina.

( Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved