Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Investor Pasar Modal Kian Tumbuh, OJK Tingkatkan Kapasitas dan Wawasan Pelaku Pasar Modal

Investor pasar modal dari regional Kalimantan meningkat 64,9 persen dari semula 81,315 investor pada Juni 2019 menjadi 134.078 investor pada Juni 2020

OJK Regional IX Kalimantan untuk BPost
Webinar Strategi Investasi Pasar Modal di Masa Pandemi, Jumat (4/9/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Otoritas Jasa Keuangan terus berupaya meningkatkan kapasitas dan wawasan pelaku pasar modal dalam memasarkan produk investasinya secara bertanggungjawab dan tetap memperhatikan prinsip perlindungan konsumen.

Direktur Pengawasan LJK Kantor OJK Regional 9 Kalimantan, Ahimsa menyampaikan jumlah investor pasar modal dari regional Kalimantan meningkat 64,9 persen dari semula 81,315 investor pada Juni 2019 menjadi 134.078 investor pada Juni 2020.

"Sementara itu di Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri meningkat 66,0 persen dari semula 18.474 investor pada Juni 2019 menjadi 30.666 investor pada Juni 2020," jelanya melalui webinar Strategi Investasi Pasar Modal di Masa Pandemi, Jumat (4/9/2020).

Ditambahkannya, hal ini menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk jasa keuangan pasar modal.

Manfaatkan Kanal Teknologi, OJK Gencar Edukasi Kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan

Pasar Modal Terdampak Besar Karena Pandemi, AEI Usul Lima Langkah Ini ke Pemerintah

Efek Covid-19, Saham Sektor ini Paling Aman di Pasar Modal

Karena itu, OJK terus mendorong Industri Jasa Keuangan, dalam hal ini sektor pasar modal untuk tetap menjaga kepercayaan tersebut, serta konsisten dalam mendukung peningkatan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat di wilayah Kalimantan terhadap produk jasa keuangan pasar modal meskipun di tengah kondisi pandemi.

Dalam penyampaian materi Asset Planning Class oleh Praktisi Pasar Modal, Ryan Filbert, disampaikan pengetahuan konsumen terhadap karakteristik asset (risk & return) adalah penting untuk penentuan keputusan investasi konsumen baik untuk melindungi atau meningkatkan nilai yang dimiliki.

Sehingga pelaku pasar modal perlu mengedukasi konsumen secara bijak mengenai karakteristik asset yang akan ditawarkan, sehingga konsumen dapat menentukan produk pasar modal yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan investasi nya.

Efek Covid-19, Saham Sektor ini Paling Aman di Pasar Modal

Dalam webinar tersebut dihadiri peserta yang terdiri dari seluruh Kantor Cabang Perusahaan Efek di wilayah Kalimantan, Kantor Cabang Bank selaku Agen Penjual Efek Reksadana di wilayah Kalimantan Selatan dan Perwakilan Galeri Investasi BEI di Kalsel. Hadir sebagai narasumber, yakni Ryan Filbert, Praktisi Pasar Modal. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved