Breaking News:

Berita Kapuas

Kunjungan Perpustakaan Daerah Kapuas Dibatasi, Terapkan Protokol Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Layanan perpustakaan daerah Kabupaten Kapuas selama masa pandemi tetap berjalan, namun dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan.

banjarmasinpost.co.id/dok
Aktivitas di perpustakaan yang ada di Disarpustaka Kapuas, Kalimantan Tengah, beberapa waktu lalu, sebelum pandemi Covid-19. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Layanan perpustakaan selama masa pandemi tetap berjalan, namun dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas (Disarpustaka Kapuas) Komari, Jumat (4/9/2020).

"Ya, karena pandemi, layanan tetap jalan namun dibatasi dan kami menerapkan protokol kesehatan cegah covid-19," katanya.

Disampaikannya, pelayanan sebelum pandemi terhitung di awal tahun cukup membludak. "Tercatat berjumlah 4.000 lebih pengunjung sebelum pandemi, kalau saat pandemi jelas jauh menurun," ujarnya.

Hal tersebut, kata Komari, juga tidak lepas dari kerjasama yang dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas.

Dimana memberikan pinjaman Bus dan menjemput siswa/siswi masing-masing sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Kapuas secara terjadwal dan bergantian ke Perpustakaan.

"Sehingga antusias anak sekolah meningkat dan lebih bersemangat. Namun setelah maraknya Virus Covid-19, angka pengunjung turun akibat dari pembatasan yang dilakukan untuk menyesuaikan dengan aturan dari protokol Kesehatan," ungkapnya.

Selain itu, untuk urusan kearsipan, disampaikannya bahwa seharusnya tahun ini akan dilakukan sosialisasi.

Namun dikarenakan ada petunjuk untuk tidak melaksanakan sosialisasi akibat dari keadaan Covid-19, pihak Disarpustaka pun menggantinya dengan cara petugas Kearsipan dan Perpustakaan mengunjungi setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), terkait dengan pengelolaan kearsipan.

"Kami terus berharap, tetap berusaha dengan semangat dan kemampuan kami, agar ke depan dapat mengelola sistem kearsipan yang baik sehingga di setiap SOPD dapat tertata dengan baik, karena arsip adalah salah satu dokumen yang perlu dijaga dan rawat," pungkas Komari.

(banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved