Breaking News:

Berburu Tanaman Aglonema

Banyak Diburu, Ini yang Membuat Harga Aglonema Relatif Mahal

Tanaman aglonema semakin diburu para pehobi tanaman hias. Ini karena warnanya yang begitu unik dan dinilai dapat mempercantik pekarangan rumah.

banjarmasinpost.co.id/stan
Nurlaila Sedang Memperlihatkan Bunga Jenis Aglonema Siap Jual 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tanaman aglonema semakin diburu para pehobi tanaman hias. Ini karena warnanya yang begitu unik dan dinilai dapat mempercantik pekarangan rumah. Selain daunnya yang indah untuk dipandang, aglonema juga dipercaya dapat menghilangkan polutan di udara. Karena ramai diburu, kini harga aglonema terbilang cukup mahal. Ada yang membandrol tanaman tersebut seharga Rp 1 juta.

Lalu, apa faktor yang menentukan harga aglonema? Eka Setyawati, salah satu penjual dan pehobi aglonema dari Madiun, Jawa Timur, menjelaskan, tinggi rendahnya harga tergantung jenis aglonema yang dibeli. 

“Untuk paling murah dijual saat ini harganya berkisar Rp 50.000, aglonema jenis lipstik. Kalau di atas itu ada harga Rp 100.000 sampai dengan Rp 1 juta,” tutur Eka, saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Selain jenis, harga jual aglonema juga tergantung besar dan warnanya. Harga aglonema makin mahal manakala sudah pernah menang kontes.

Eka mengatakan, animo pembeli yang tinggi membuat omzetnya melesat berkisar Rp 15 juta sampai dengan Rp 20 juta setiap bulannya. Padahal tahun lalu atau sebelum masa pandemi corona, dalam tiga pekan omzetnya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta saja. Pembeli aglonema bukan hanya dari kalangan orang biasa saja. Beberapa pejabat pun mulai banyak menyambangi rumah Eka. Salah satunya, istri Bupati Madiun Penta Ahmad Dawami. Beberapa kali Eka mengantar langsung pesanan istri orang nomor satu di Pemkab Madiun itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ternyata Ini yang Membuat Harga Aglonema Relatif Mahal", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2020/09/05/06170011/ternyata-ini-yang-membuat-harga-aglonema-relatif-mahal.

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved