Breaking News:

Berita Banjarbaru

FAD Kota Banjarbaru Memotivasi Memenuhi Hak-hak Anak

Forum Anak Daerah (FAD) Kota Banjarbaru aktif memotivasi pemenuhan hak-hak anak khususnya di Kota Banjarbaru

istimewa
Forum Anak Daerah (FAD) Kota Banjarbaru 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Forum Anak, demikian namanya. Forum anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak.

Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak.

Secara nasional, Forum Anak Nasional (FAN) merupakan organisasi anak yang dibina Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Nibrasa Muhammad Nafis, Ketua Forum Anak Daerah (FAD) Kota Banjarbaru, mengatakan, organisasi ini sebagai penjembatan komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

"Forum anak dapat juga diartikan sebagai pertemuan anak-anak dari berbagai kelompok untuk membicarakan sesuatu hal positif," jelasnya seraya mengatakan FAD Kota Banjarbaru dibentuk sejak lima tahun lalu.

Nafis yang yang menjabat sebagai ketua untuk masa bakti 2019-2021, mengatakan, anggotanya saat ini 30-an anak termasuk per kecamatan dan kelurahan

"Sementara ini Forum Anak Daerah untuk tingkat kelurahan antara lain di Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara dan Landasan Ulin. Anggotanya yaitu pelajar SMP dan SMA," papar Nafis seraya mengatakan usia anak itu adalah 0-18 tahun.

Jadi yang bergabung dalam forum ini adalah anak usia 18 tahun ke bawah..Selain syarat usia, syarat lain menjadi anggota Forum Anak diantaranya bergabung atas dasar kesadaran sendiri, melampirkan surat izin orangtua/wali, dan bersedia menjaga nama baik diri sendiri dan organisasi.

Beberapa kegiatan FAD Kota Bajarbaru antara lain sosialisasi dan kampanye ke sekolah-sekolah atau tempat umum. Tema diangkat antara lain tentang pernikahan dini, bully dan lainnya.

Melalui Forum Anak, mereka dapat berpartisipasi dan mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved