Breaking News:

Travel

Ditutup Selama Pandemi Covid-19, Pengelola Percantik Spot Wisata Kebun Raya Banua di Banjarbaru

Pengelola merehab sejumlah lokasi spot untuk mempercantik areal wisata yang ada di kawasan Kebun Raya Banua.

banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Pintu masuk ke KR Banua masih ditutup. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Untuk sementara ini, kawasan Kebun Raya Banua masih tertutup untuk pengunjung karena pandemi Covid-19.

Mumpung masih Covid-19,  pengelola merehab sejumlah lokasi spot untuk mempercantik areal wisata yang ada.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pemanfaatan, UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan, Lisa Saviera mengatakan, pihaknya melakukan tahap pembangunan terdiri dari kegiatan perencanaan dan kegiatan fIsik untuk terus meningkatkan fasilitas yang ada di Kebun Raya Banua.

Sumber dana untuk pembangunan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan pihak lain.

Kebun Raya Banua Banjarbaru Siapkan Embung Menghadapi Karhutla

Melihat Aneka Tanaman Langka di Kebun Raya Banua Gubernuran Kalsel

”Adapun kegiatan flsik yang telah dilaksanakan seperti pondok kerja, rumah paranet, menara air, jaringan air, bangunan pos jaga, gazebo, pergola, bangku taman, toilet umum, gedung kantor pembibitan, jalan setapak, pintu gerbang, taman labirin, menara pandang, taman bromelia, gardu listrik, dan lainnya," kata Lisa Saviera.

Dijelaskan dia, kawasan Kebun Raya Banua menjadi wahana alternatif baru bagi masyarakat untuk berinteraksi dan berekreasi terutama pada hari libur.

Diketahui Kebun Raya Banua merupakan satu-satunya kebun raya yang ada di area perkantoran. Jarak menuju kesini dari pusat Kota Banjarbaru hanya 7 km, menjadikan Kebun Raya Banua pilihan berekreasi oleh masyarakat.

Selain mempersolek lokasi areal yang ada guna spot wisata, pihaknya terus melakukan promosi agar dapat menarik perhatian dan minat pengunjung.

"Jadi kami membuat kawasan embung seluas 4 hektare dengan menikmati pemandangan sekitar wilayah embung di Kebun Raya Banua. Tempat ini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung, karena akan dibuat sebagus mungkin dan akan disediakan juga untuk spot foto,“ tambahnya.

Kebun Raya Banua Kalsel Dilengkapi Gedung Konservatorium

Pihaknya terus mempercepat pembangunan agar setelah dibuka nanti, fasilitas yang telah dibangun siap untuk digunakan.

”Kegiatan pembangunan di Kebun Raya Banua tetap berlangsung sesuai dengan tugas dan fungsi walau ditengah pandemi Covid-19. Selain itu, setiap hari kita selalu menjaga keasrian disini, dengan cara memelihara tanaman-tanaman, membersihkan rumput, menyiram, dan lainnya," urainya. (banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved