Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Banjarmasin 2020 - Satu-satunya Jalur Perseorangan, Khairul Ungkapkan Strategi

Khairul Saleh kantongi 49 ribu surat pendukung merasa optimis bersaing dengan tiga pasangan lain yang maju melalui jalur parpol di Pilkada Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Bakal calon wali kota Banjarmasin jalur perseorangan, Khairul Saleh (tengah), saat mendaftar ke KPU Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (6/9/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemilihan wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Banjarmasin 2020 di Kalimantan Selatan, sudah memasuki akhir tahap pendaftaran bakal pasangan calon, Minggu (6/9/2020).

Pada hari terakhir pendaftaran ini, berkas pendaftaran bakal pasangan calon jalur perseorangan H Khairul Saleh-Habib Ali Al Habsyi diserahkan ke Kantor KPU Banjarmasin di Jalan Perdagangan.

Merupakan satu-satunya bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang maju melalui jalur perseorangan, Khairul Saleh tetap optimis bersaing dengan tiga bakal pasangan calon lain yang maju melalui jalur partai politik.

Jika seluruh bakal pasangan calon resmi ditetapkan KPU Banjarmasin menjadi peserta Pilkada Banjarmasin 2020, maka Khairul Saleh-Habib Ali harus berebut suara dengan Haris Makkie-Ilham Nor, Ananda-Mushaffa Zakir dan Ibnu Sina-Ariffin Noor.

Pilkada Banjarmasin 2020 - Tiga Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Pilkada Banjarmasin 2020 - Daftar ke KPU, Hj Ananda: Petualangan Dimulai

PIlkada Banjarmasin 2020 - Ibnu Sina-Arifin Noor Ingin Raih Berkah Jumat Daftar Hari Pertama di KPU

Pilkada Banjarmasin 2020 - Kendarai Jeep, Haris Makkie-Ilham Noor Kunjungi Makam Sultan Suriansyah

Kalau Haris Makkie-Ilham Nor diusung Gerindra, PPP dan PBB.

Untuk Ananda-Mushaffa Zakir diusung Golkar, PAN, PKS dan Nasdem.

Sedangkan Ibnu Sina-Arifin Noor diusung Demokrat, PKB dan PDIP.

Diungkapkan Khairul, pihaknya berharap dukungan masyarakat yang dituangkan dalam surat pernyataan dukungan dan menjadi modal lolosnya bersama Habib Ali bisa bertahan hingga hari H pencoblosan, Rabu (9/12/2020).

"Kami lewat jalur independen sudah mendapat dukungan 47.000 dukungan dan sudah diverifikasi. Mudah-mudahan ini tidak bergerak (arah dukungan)," kata Khairul kepada Banjarmasinpost.co.id setelah melaksanakan pendaftaran di Kantor KPU Banjarmasin d Jalan Prdagangan, Minggu (6/9/2020).

Meski demikian, apabila 47.000 dukungan yang sudah dikantonginya pun tidak merubah, namun untuk memenangkan pilkada, Khairul Saleh-Habib Ali masih memerlukan banyak tambahan suara. 

Mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tahun 2019, jumlah pemilih di Kota Banjarmasin hampir mencapai 450.000 orang. Dengan estimasi partisipasi pemilih sebesar 80 persen, yaitu 360 ribu pemilih, maka untuk menang harus mengantongi 50 persen dan 1 suara sah atau kurang lebih sebanyak 180.000 lebih suara.

Menyadari hal ini, Khairul menyatakan akan melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat. "Alhamdulillah berkas kami sudah lengkap dan diterima KPU Banjarmasin hari ini. Kemudian selebihnya akan dilakukan strategi pendekatan ke warga kota dengan ramah dan profesional," bebernya.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved