Breaking News:

Kenali Gangguan Prostat

Ini Penyakit Kaum Laki, Kenali Gangguan Prostat dan Gejalanya

Prostat adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria. Prostat selama ini kerap disebut juga sebagai kelenjar prostat.

iStockphoto
gangguan prostat 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Prostat adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria. Prostat selama ini kerap disebut juga sebagai kelenjar prostat. Padahal, sebenarnya bukan benar-benar merupakan kelenjar, tapi suatu organ seukuran buah kenari yang terletak di depan rektum (ujung usus besar, anus) dan di bawah bladder (kandung kemih).

Organ ini terdiri dari 70 persen jaringan kelenjar (glandular tissue) dan 30 persen jaringan fibromuscular. Pada pria dewasa, bentuk dan ukuran prostat sebesar kenari dengan berat kurang lebih 20 gram.

Jaringan kelenjar prostat mengelilingi uretra (saluran kemih) yang berfungsi mengosongkan kandung kemih dan membantu mengendalikan ruinasi. Glandular tissue pada prostat juga mengeluarkan cairan yang menyumbang 20-30 persen volume total dari cairan sperma saat terjadi ejakulasi. Cairan kelenjar prostat yang mirip dengan susu memiliki warna dan bau yang khas.

Cairan ini di antaranya mengandung kadar kalsium, seng, asam sitrat, asam fosfat, albumin, dan prostatic specific antigen. Zat-zat ini berfungsi membantu lubrikasi uretra, proteksi, nutrisi, dan mobilitas dari sperma ketika berada dalam vagina wanita yang lingkungannya asam.

Fungsi utama prostat memang adalah menghasilkan seminal plasma yakni cairan semen atau air mani yang membawa sperma keluar dari tubuh saat seorang pria mengalami ejakulasi.

Cairan itu membantu sperma keluar dari tubuh sebagai bagian dari semen. Pada umumnya, pria tidak menyadari bahwa meski buah pelir memproduksi sperma, tapi jumlahnya hanya 1 persen dari total volume sperma. Sebagian besar cairan yang dikeluarkan adalah semen yang diproduksi oleh kelenjar prostat. Oleh sebab itu, prostat sangat penting bagi pria.

5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

Jenis gangguan prostat Saat seorang pria masih muda, prostatnya besar kemungkinan masih “tenang-tenang” saja. Oleh karena itu, keberadaan prostat biasanya diabaikan saat pria belum terlalu tua. Namun, begitu memasuki usia 40 tahun, pria harus mulai mewaspadai kondisi prostatnya. Seperti bagian-bagian tubuh lain, prostat juga tidak bebas dari rongrongan penyakit atau masalah, terutama jika usia makin bertambah tua.

Manfaatkan Jeruk Nipis untuk Turunkan Berat Badan, Bagaimana Caranya

Melansir Buku 100 Questions & Answers: Gangguan Prostat (2015) oleh Srikandi Waluyo & Dr. Budhi Marhaendra P., MHA, sedikitnya ada 3 jenis gangguan prostat yang patut diwaspadai.

Berikut penjelasannya:

1.    Benign prostatic huperplasia (BPH)

Halaman
123
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved