Breaking News:

Techno

Kenali Kecanggihan Vivo X50 Series, Tak Hanya Berguna untuk Isi Saldo

Vivo resmi meluncurkan duo smartphone X50 series, yakni X50 dan X50 Pro, dan sudah bisa dibeli di Indonesia sejak Juli 2020.

Istimewa/Vivo
Vivo X50. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Vivo resmi meluncurkan duo smartphone X50 series, yakni X50 dan X50 Pro, dan sudah bisa dibeli di Indonesia sejak Juli 2020. Kedua ponsel tersebut merupakan jagoan teranyar Vivo yang memiliki keunggulan di sektor fotografi.

Selain mengandalkan fitur kamera, Vivo X50 series juga menghadirkan sejumlah fitur untuk menunjang aktivitas pengguna sehari-hari, salah satunya adalah fitur konektivitas NFC (near field communication).

Saat ini, fungsi NFC semakin dibutuhkan pengguna, apalagi bagi mereka yang sering melakukan transaksi non-tunai. NFC dapat digunakan untuk mengisi ulang saldo kartu uang elektronik (e-money).

“NFC adalah teknologi yang jamak ditemukan pada smartphone saat ini. Namun masih banyak pengguna yang belum memanfaatkan seluruh potensinya dan hanya menggunakannya untuk keperluan isi ulang kartu elektronik," ujar Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (8/9/2020).

Keunikan HP Vivo Terbaru, Terungkap Bodi Ponsel Bisa Berubah Warna

Daftar Harga HP Oppo September 2020, Ada Oppo Reno4, Oppo A92, Oppo Find X2, Harga Oppo A53?

Nah, selain bisa dipakai untuk mengisi saldo e-money, fitur NFC di Vivo X50 series ini ternyata juga memiliki fungsi lain.

"Padahal teknologi NFC dapat dimaksimalkan untuk bertukar data dengan lebih cepat, bahkan fitur yang lebih lengkap dapat ditemukan di NFC Multifunctions yang ada pada Vivo X50 series," imbuh Hadie.

Fitur yang dijuluki "NFC Multifunctions" tersebut kini bisa dipakai untuk membaca, mengelola, sekaligus menyimpan beragam kartu, seperti kartu akses, transaksi pembayaran, dan transfer data.

Perlu dicatat, Vivo X50 series bisa menjalankan beragam fungsi ekstra ini dengan syarat sistem enkripsi kartu mengizinkan data yang tersimpan di dalamnya dibaca/diunduh (download).

"Dengan pemanfaatan teknologi NFC Multifunction yang dapat dioptimalkan hingga penyimpanan kartu akses dan alat pembayaran dengan lebih ringkas selama enkripsi kartu mengizinkan," tutur Hadie. Fitur NFC di ponsel Vivo X50 Series.

Untuk segi keamanan, fitur NFC yang multifungsi ini juga telah diuji coba sedemikian rupa dan telah menerima sertifikasi keamanan penyimpanan serta download data lewat TSM (Trusted Service Manager).

Fungsi NFC di Vivo X50 Pro juga tidak membutuhkan proses pairing layaknya fitur konektivitas lain, sepeti Bluetooth. NFC bisa dipicu secara otomatis asalkan perangkat lain, misalnya kartu e-money, saling berdekatan dengan ponsel.

Fitur konektivitas tersebut juga diklaim tidak boros baterai dan hanya memakan daya ketika fitur tersebut sedang aktif, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang penggunaan daya. Terlepas dari fungsi NFC, Vivo X50 series juga dibekali dengan spesifikasi hardware mumpuni untuk turut menunjang produktivitas pengguna, berikut performa perangkat. Vivo X50 versi standar, misalnya, ditenagai dengan chipset Snapdragon 730, RAM 8 GB, memori internal 128 GB, serta baterai berkapasitas 4.200 mAh. Sedangkan Vivo X50 Pro dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 765 5G, RAM 8 GB, memori internal 256 GB, serta baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih bongsor dari versi standar, yakni 4.315 mAh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "NFC di Vivo X50 Series Tak Hanya untuk Isi Saldo", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2020/09/08/11000057/nfc-di-vivo-x50-series-tak-hanya-untuk-isi-saldo.

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved