Breaking News:

Kesehatan Vagina

Kenali, Sembilan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina

Vagina yang sehat memiliki kadar asam pH natural. Munculnya bau tidak sedap atau keputihan yang lebih dari biasanya bisa menjadi tanda pH vagina Anda.

KOMPAS.COM/FARIDA
Harga bawang putih di pasar tradisional di Karawang Rp 55.000 per kilogram. 

BANJARMASINPOST.CO.IDVagina yang sehat memiliki kadar asam pH natural. Munculnya bau tidak sedap atau keputihan yang lebih dari biasanya bisa menjadi tanda pH vagina Anda turun. Melansir Women’s Health, kadar pH vagina yang seimbang harus tetap berada di kisaran 3,8 hingga 4,5.

Saat pH tidak seimbang terlalu lama, bakteri akhirnya memiliki kesempatan untuk berkembang dan menyebabkan ketidaknyamanan, termasuk infeksi saluran kemih (ISK). Ini tidak berarti setiap wanita harus mulai menguji pH vagina mereka di rumah setiap hari. Kecuali, jika Anda memang memiliki gejala yang mengarah padam kondisi vaginosis bakterialis. Pengujian kadar pH di rumah dapat membantu mendiagnosis vaginosis bakterialis lebih cepat.

Tapi, para wanita tidak perlu terlalu khawatir akan gangguan kesehatan vagina tersebut. Vagina Anda sebenarnya cukup bagus dalam melindungi dan membersihkan dirinya sendiri. Perawatan vagina yang tepat, seperti menjaga kebersihan yang baik, seks yang aman, dan kunjungan dokter secara teratur, semuanya berperan dalam menjaga pH tetap terkendali.

Tidak ketinggalan, para wanita juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan vagina. Berikut ini adalah beragam makanan yang baik untuk kesehatan vagina:

1. Makan lebih banyak ubi jalar untuk kesuburan

Umbi ini memiliki beberapa manfaat manis, terutama bagi wanita yang ingin hamil. Karena kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi jalar diyakini dapat membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim. Beta karoten dan vitamin A telah dipelajari untuk memiliki efek langsung pada kesuburan dan reproduksi pada pria dan wanita, serta perkembangan janin yang sehat. Nutrisi yang ditemukan dalam ubi jalar juga membantu produksi hormon seks dan sering direkomendasikan untuk wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

2. Cranberry membantu mengatasi ISK

Cranberry segar atau jus cranberry 100 persen (bukan makanan yang dimaniskan) penuh dengan antioksidan dan senyawa asam, yang merupakan sumber kuat untuk melawan infeksi yang dapat membantu bakteri menempel di dinding kandung kemih. Melansir Health Line, sebuah studi menunjukkan bahwa cranberry dapat sangat bermanfaat dalam mencegah ISK pada wanita dengan masalah ISK berulang atau yang baru dialami.

3. Makanan kaya probiotik untuk menyeimbankan tingkat pH vagina

Makanan kaya probiotik, seperti makanan hasil fermentasi seperti kimchi dan yogurt, tidak hanya baik untuk usus. Makanan ini juga bermafaat untuk menyeimbangkan tingkat pH vagina dan membantu menangkal infeksi. Kebiasaan makan makanan kaya probiotik bisa memberi tubuh dorongan bakteri baik, yang sangat membantu dalam mencegah infeksi jamur. Tak hanya itu, kalsium yang banyak terkandung dalam yogurt telah terbukti bisa membantu meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS).

Ini Lima Makanan Penyebab Kanker, Jenis Apa Saja yang Perlu Diwaspadai

Halaman
123
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved