Breaking News:

Kebiasaan Buruk

Suka Menggigit Kuku, Ini 4 Bahaya Kebiasaan Buruk Tersebut

Beberapa orang memiliki beberapa kebiasaan buruk mengigit kuku tanpa sadar. Biasanya, orang dengan kebiasaan ini sudah sering diperingatkan oleh orang

shutterstock
gigit jari 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Beberapa orang memiliki beberapa kebiasaan buruk mengigit kuku tanpa sadar. Biasanya, orang dengan kebiasaan ini sudah sering diperingatkan oleh orang-orang terdekatnya. Banyak peringatan yang menyebut bahwa kebiasaan mengigiti kuku dapat menyebabkan penyakit.

Ada pula yang memberi peringatan karena merasa mengigit kuku dapat menimbulkan luka. Namun, apa sih sebenarnya yang berbahaya dari kebiasaan mengigit kuku?

Merangkum dari Live Strong dan Time, setidaknya ada 4 bahaya yang mengintai dari kebiasaan mengigit kuku.

1.    Kuku penuh dengan kuman

Bukan rahasia lagi, kuku Anda menyimpan segala jenis kuman. Dalam penelitian yang terbit di Journal of Clinical Microbiology 1988, kuku terbukti menjadi rumah bagi ratusan ribu kuman. Melansir dari Time, secara khusus, keluarga bakteri enterobacteriaceae seperti salmonella dan E. coli cenderung berkembang biak di bawah ujung kuku. Itu artinya, saat Anda punya kebiasaan mengigit kuku, bakteri tersebut akan masuk ke dalam mulut dan usus. Tak jarang hal ini menyebabkan infeksi dan menimbulkan sakit perut atau diare.

2. Risiko infeksi kulit

Orang yang memiliki kebiasaan mengigit kuku jangka panjang juga rentan mengalami infeksi kulit yang disebut paronikia. Paronikia adalah infeksi jaringan yang berdekatan dengan kuku. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh bakteri. Dengan kebiasaan mengigit kuku, luka atau lecet di sekitar kuku lebih tinggi. Hal ini memungkinkan strain bakteri masuk ke dalam luka tersebut. Akibatnya, infeksi bakteri dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, atau penumpukan kotoran di sekitar kuku. Dalam kasus yang parah, tindakan pembedahan mungkin diperlukan untuk mengobati kondisi ini.

BPOM di Kabupaten HSU Amankan Ribuan Obat Tak Berizin, Peredaran Hingga ke Kalteng

3.    Melukai gigi dan gusi

Melansir Live Strong, kebiasaan mengigit kuku juga buruk bagi kesehatan mulut Anda. Kebiasaan ini dapat memiliki efek merusak enamel gigi dari waktu ke waktu. Tak jarang hal ini menyebabkan gigi patah. Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology tahun 2000 melaporkan bahwa orang dengan kebiasaan mengigit kuku dapat menyebabkan rahang bergeser. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan infeksi bakteri di gigi dan gusi.

UPDATE PUBG MOBILE Versi 1.0-Map New Erangel 2.0 di Sini, Segera Update PUBG New Era

4.    Bau mulut

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa mengigit kuku memungkinkan bakteri berpindah dari kuku ke mulut Anda. Hal ini dapat berkontribusi dalam menyebabkan bau mulut. Meski begitu, belum ada bukti kuat dan penelitian yang menghubungkan kebiasaan mengigit kuku dengan bau mulut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Bahaya Kebiasaan Mengigit Kuku", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/08/180500368/4-bahaya-kebiasaan-mengigit-kuku.

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved