Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Gula dan Tepung di Banjarmasin Sudah Normal, Begini Respon Pelaku UMKM

pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banjarmasin, Wahidah Ony masih bisa bersyukur harga gula dan tepung sudah mulai normal

istimewa
Ketua Koperasi Harum Manis Bersatu Banjarmasin, H Aftahuddin. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASIN POST.CO.ID - Di tengah pandemi Covid-19 yang serba sulit dan perekonomian terpuruk, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banjarmasin, Wahidah Ony masih bisa bersyukur harga gula dan tepung sudah mulai normal.

"Walau pun saya tidak memakai terlalu banyak gula saat membikin wadai, tapi dengan normalnya harga, kedua komoditi itu cukup membantu tidak membebani modal usaha," jelas ibu satu anak yang berjualan Roti Pisang dan Lempeng di Jalan Pegadaian Banjarmasin ini, Rabu (9/9/2020).

Dia menjelaskan, untuk gula dalam sebulan ia memerlukan sekitar 60 kilogram dan tepung juga 60 kilogram. Fungsinya untuk merekatkan adonan.

Ony pun berharap harga gula, tepung, telur dan lain-lain tidak naik lagi, supaya pelaku UMKM khususnya pelaku kuliner bisa beraktivitas lagi. Apalagi, ditengah pandemi Corona ini, bisnis makanan cukup berat dan terpukul.

Warga Keluhkan Harga Gula Mahal, Begini Respon Cepat Pemkab Tala

Harga Gula Pasir di Banjarmasin Mulai Turun Meski Belum Normal

Harga Gula Pasir Turun Jadi Rp 18.000 di Pasar Antasari Banjarmasin

Sementara itu, salah satu pedagang pancarekenan di Jalan Veteran Kilometer 5 Banjarmasin, Dani mengakui harga gula sudah normal kembali.

"Sebelumnya sempat melonjak harga gula. Alhamdulillah, harganya per kilonya kembali ke asal, Rp 12.500," ujarnya.

Dani berharap, agar harga gula tetap bertahan seperti ini, karena kasian masyarakat yang terdampak sekali atas naiknya kebutuhan pokok.

Terpisah Ketua Koperasi Harum Manis Bersatu Banjarmasin, H Aftahuddin mengungkapkan, stok gula di Kalimantan cukup aman.

"Alhamdulilah, aman stok gula. Insha Allah sampai di akhir tahun masih aman. Karena hitungan kita, jumlah stok yang ada menggunakan sistem pepo barang masuk, keluar datang," katanya.

Kuliner Ayam : Ini Resep Ayam Tepung Goreng, Terbayang Kriuknya

Menurut dia, untuk jumlah stok gula yang tersedia di tempatnya, per minggu nya antara 3.000 ton sampai 4.000 ton.

Begitu juga dengan tepung, lamjut Aftah, masyarakat tak perlu khawartir dengan stok tepung sangat stabil. "Stok yang redy biasanya 8000 ton," tandasnya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved