Breaking News:

Pilkada Banjar 2020

Pilkada Banjar 2020, Rusli Mengundurkan Diri, Sekretariat DPRD Kalsel Tunggu Verifikasi KPU

H Rusli mundur sebagai anggota DPRD Provinsi Kalsel karena maju di Pilkada Banjar 2020.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Kabag Persidangan Hukum AKD dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Jaini. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bakal calon Bupati Banjar usungan Partai Golkar, H Rusli, sudah melalui sederet proses pencalonannya di tahapan Pilkada Banjar 2020, Kalimantan Selatan.

Termasuk di antaranya, tahapan pendaftaran ke KPU Kabupaten Banjar dan menjalani pemeriksaan kesehatan sejak Senin (7/9/2020).

Karena merupakan anggota DPRD Provinsi Kalsel Fraksi Golkar periode Tahun 2019-2024, H Rusli harus menanggalkan jabatannya sebagai wakil rakyat untuk bisa melaju di kontestasi pemilihan Bupati Banjar.

Menurut Kabag Persidangan, Hukum, AKD dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Jaini, proses administrasi pengunduran diri H Rusli sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalsel sudah berjalan.

"Terkait proses, surat pengantar PAW (pengganti antar waktu) dan persyaratannya sudah disampaikan ke KPU untuk verifikasi usulan pengganti beliau," kata Jaini dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Selasa (8/9/2020).

Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Desa Astambul Banjar, Mengapung Diantara Tumpukan Batang Bambu

Pajak Reklame Kecil Pilkada Tidak Mengalir ke Pemkab Banjar, Tim Pemenangan Paslon Belum Mengetahui

Dinas PUPR Banjar Akan Bangun Jembatan Hubungkan Tiga Desa di Kecamatan Aranio

Dandim Martapura Wajibkan Prajurit Kodim 1006 Masif Turun Lapangan Cegah Covid 19

Kodim Martapura Luncurkan Tim Inovasi Mobile Covid-19 Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Negeri Atas Awan Ini Hasilkan PAD Rp 150 Juta

Dijelaskannya, H Rusli akan secara resmi terlepas dari hak-haknya sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalsel setelah ditetapkan oleh KPU sebagai calon kepala daerah peserta pemilihan umum.

Ditambahkan Kasubag AKD Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, Andri Yushar, surat pengunduran diri H Rusli sebagai anggota DPRD Fraksi Golkar sudah diterima pihaknya sejak Senin (31/8/2020).

Kemudian kata Andri, selain surat pengunduran diri resmi dari H Rusli, pihaknya juga menerima surat pemberitahuan serupa dari DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel tertanggal Rabu (2/9/2020).

"Kedua surat itu menjadi lampiran surat yang dikirimkan Pimpinan DPRD kepada KPU untuk mendapatkan verifikasi dari KPU terhadap calon pengganti antar waktu nomor urut berikutnya," kata Andri.

Pihaknya kata Andri saat ini masih menunggu tahapan verifikasi dari KPU yang nantinya akan disampaikan kembali kepada DPRD Provinsi Kalsel berupa berita acara KPU.

Nantinya setelah berkas lengkap, seluruh proses dan syarat administratif PAW akan disampaikan kepada Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah untuk mendapatkan SK Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Kalsel dan Pengangkatan PAW Anggota DPRD Provinsi Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved