Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Hasil Swab test Mandiri Andin Negatif Covid-19, Begini Respon KPU Banjar

Tak yakin dengan hasil pemeriksaan swab, Andin pun melakukan tes swab di RS Medistra Jakarta. Hasilnya, ternyata negatif.

Capture Youtube BPost
Andin-Guru Oton saat mendaftar ke KPU Banjar. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hasil swab tes di RSUD Ulin Banjarmasin menyebut Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Banjar Andin-Guru Oton merupakan dua dari delapan bapaslon yang dinyatakan positif covid-19 dan dipersilahkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Pemeriksaan kesehatan kepada Andin-Guru Oton pun ditunda menyusul hasil pemeriksaan swab tersebut.

Tak yakin dengan hasil pemeriksaan swab, Andin pun melakukan tes swab di RS Medistra Jakarta. Hasilnya, ternyata negatif.

Menyikapi hasil tersebut, Andin Sofyanoor minta agar KPU Banjar mempertimbangkan hasil swab tes yang ia lakukan secara mandiri di RS Medistra Jakarta.

Pilkada Banjar 2020 - Berkas Pendaftaran Pasangan Andin-Guru Oton Dinyatakan Lengkap

Pasca Dinyatakan Positif Covid-19, Beredar Swab Andin di RS Medistra Jakarta, Begini Hasilnya

Dua Bacalon Pilkada Banjar Positif Covid-19, KPU Banjar Lakukan Ini

"Semestinya hasil swab tes ini bisa menjadi bukti dan referensi tanpa harus kami menyerahkan lagi, dan KPU mestinya mempertimbangkan atas hasil swab tes kami kemarin," bebernya, Kamis (10/9/2020).

Sementara Komisioner KPU Banjar, Abdul Muthalib atau akrab disapa Aziz mengatakan berkenaan dengan hal tersebut pada dasarnya KPU Banjar tidak berhak mengomentari.

Menurutnya, KPU Banjar cuma menyerahkan calon ke rumah sakit Ulin kemudian domain untuk pemeriksaan kesehatan itu sendiri sudah diambil alih KPU provinsi.

"Jadi kewenangan kami tidak untuk mengomentari apakah hasil yang disampaikan oleh rumah sakit Ulin bisa mengalahkan hasil swab mandiri jadi kita pada dasarnya bukan untuk mengomentari itu karena tadi saya ulang kembali kita KPU Banjar pada dasarnya hanya menyerahkan bakal pasangan calon mendampingi bakal pasangan calon untuk memeriksakan kesehatannya di rumah sakit Ulin," bebernya.

Terkait keinginan pasangan Andin dan Guru Oton untuk dilakukan swab ulang, harus dilayangkan ke RSUD Ulin dan KPU Kalsel dan didampingi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel.

Tanpa Gejala, 4 Balon Pilkada Kalsel 2020 Terkonfirmasi Positif Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

"Merekalah yang berkompeten untuk memeriksakan kesehatan bakal pasangan calon karena dalam penerimaan atau pendaftaran paslon di situ ada mekanismenya yang dinamakan dengan syarat kesehatan untuk bapaslon," tambahnya.

Namun ia tetap memastikan jika bakal calon yang dinyatakan positif Covid-19 tetap tidak menggugurkan pencalonannya di Pilkada Kabupaten Banjar. (banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved