Breaking News:

Kampusiana

Mahasiswa ULM Banjarmasin Ciptakan Kamus AKK, Begini Tanggapan Guru Besar Fakultas Kedokteran

Enam Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin membuat Kamus Istilah Administasi Kebijakan Kesehatan (AKK)

ULM untuk BPost
Kamus Istilah Administrasi Kebijakan Kesehatan. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Enam Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K), membuat Kamus Istilah Administasi Kebijakan Kesehatan (AKK).

Mereka adalah Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FK, Zuhrufa Wanna Yolanda, Riana, dan Muhammad Naufal Hibatullah, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Ananda Ersiannisa Fadiah, serta Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP (Qusnul Aqidatul Izzah).

Pembuatan Kamus dimulai dari Studi Literatur dalam rangka mengumpulkan berbagai istilah, melalui referensi relevan yang berasal dari jurnal ilmiah, buku, serta regulasi yang berlaku.

"Kamus AKK dapat digunakan sebagai acuan referensi dalam pembelajaran terutama di Bidang AKK untuk mendukung pembelajaran secara lebih mudah," kata Dosen Pembimbing sekaligus Dosen Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fauzie Rahman.

Mengembalikan Kesadaran Kebiasaan Baru di Masa New Normal, Begini Tanggapan Seorang Mahasiswa ULM

Mahasiswa ULM Perjuangkan Pelestarian Kasturi, Dapat Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Nasional

Terdampak Covid-19, Mahasiswa ULM Bisa Ajukan Keringanan UKT

Sementara itu Guru Besar Bidang Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat, Prof Dr dr Syamsul Arifin menyampaikan bahwa dengan hadirnya Kamus Istilah AKK dapat dijadikan sebagai buku acuan utama memahami berbagai istilah.

"Karena dapat membantu mempermudah menemukan makna dari istilah bidang AKK, serta menjadi media pembelajaran yang lebih sederhana, dalam mengefisienkan waktu untuk memahami makna istilah yang sulit dimengerti," katanya.

Kamus tersebut dibuat berdasar dari hasil survey kebutuhan mahasiswa Peminatan AKK, Program Studi Kesehatan Masyarakat, FK ULM yang berharap adanya kamus istilah AKK untuk membantu mengingat dan mempermudah dalam memahami istilah beragam di bidang keilmuan AKK.

Juru Bicara GTPPP Covid-19 Kalsel Bantah Seorang Mahasiswa ULM Terkonfirmasi Positif Corona

Selain berbentuk berbentuk buku, Kamus Istilah AKK juga dibuat dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore.

Ke depannya aplikasi terus dikembangkan, agar dapat memuat lebih banyak kosa kata dan menambar fitur yang ada. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved