Breaking News:

Berita Tapin

Dinas PMD Tapin Beri Reward BUMDes Maju Mandiri

Dukungan perbankan pada Dinas PMD Tapin berupa pemberian reward bagi BUMDes percontohan yang maju dan mandiri di Kabupaten Tapin

banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Rahmadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin. 

Editor: Syaiful Akhyar
BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Awal Februari 2020, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mendapatkan pembinaan dari perbankan dan Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD Tapin).

Ada 12 manajemen BUMDes mewakili setiap wilayah Kecamatan di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan saat itu melakukan penandatangan kerjasama di lapangan Dwi Dharma Rantau, awal Februari 2020.

Manajemen BUMDes percontohan pun mendapatkan pelatihan dan bantuan mesin gesek kartu dari BRI perbankan.

"Tinggal branding saja yang belum terealisasi di 12 BUMDes percontohan," kata Rahmadi, Kepala DPMD Kabupaten Tapin, Jumat (11/9/2020).

Perjuangan BTS Hingga Bisa Rajai Billboard Hits 100 Diungkap, Jimin Sebut Kini Lebih Santai

UPDATE Corona Indonesia 11 September: Bertambah 3.737, Pasien Covid-19 di Tanah Air Capai 210.940

Karhutla di Abirau Kabupaten Banjar, Tujuh Jam Tim Tahura Sultan Adam Berjibaku Padamkan Api

Kendati dana kegiatan Dinas PMD Tapin tercoret karena refocusing dan perubahan anggaran, tertolong andil pihak swasta, seperti perusahaan dan perbankan.

"Alhamdulillah, Bank Kalsel bersedia membantu peningkatan perekonomian masyarakat di perdesaan melalui BUMDes," kata Rahmadi.

Dukungan perbankan pada DPMD Kabupaten Tapin, adalah pemberian reward bagi BUMDes percontohan yang maju dan mandiri.

Rahmadi menjelaskan, bantuan Bank Kalsel akan mendorong Gerakan Pembangunan dan Pengembangan Usaha Perekonomian Pedesaan disingkat Gepprek Pedes.

Geprek Pedas, adalah program kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin dan wadah BUMDes percontohan yang nantinya berkembang, maju dan mandiri dalam menggali potensi sumber pendapatan asli desanya.

"Harapannya pengurus BUMDes sejahtera, lapangan kerja bagi masyarakat desa yang menyuplai produk unggulan di desanya dan BUMDes yang memasarkan," katanya.

Keuntungan usaha BUMDes ini akan menambah pendapatan asli desanya yang akan dimanfaatkan Pemerintah Desa untuk membiaya program dan kegiatan di desa tersebut," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved