Breaking News:

Sport

Kampung Bermain Ujung Tombak Majunya Olahraga Tradisional di Kalsel

Keberadaan kampung bermain (kamber) hampir disetiap kecamatan di Banjarmasin juga membawa efek positif majunya olahraga tradisional

Humas Formi Banjarmasin untuk BPost
Formi Banjarmasin meresmikan Kampung Bermain Permata sebagai kampung bermain kesembilan yang didirikan semenjak tahun 2017. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN-Olahraga tradisional di Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin kembali bergairah semenjak Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) menggaungkan olahraga yang sebagian hampir punah ini.

Bahkan, kini di beberapa even nasional, atlet FORMI Kalsel mengharumkan nama Banua.

Olahraga tersebut antara lain Layang-layang, Silat Budaya, Tonis, Enggrang, Terompah Panjang (Bakiak), Panahan Tradisional, Balogo, Bagasing, Bola Sodor, Sumpit, Hadang (Asinan).

Keberadaan kampung bermain (kamber) hampir disetiap kecamatan di Banjarmasin juga membawa efek positif.

VIDEO Peresmian Kampung Bermain Kesembilan di Kota Banjarmasin

Sejak 2017, Kini Sudah Ada Sembilan Kampung Bermain di Banjarmasin

Kampung Bermain Manggis Banjarmasin Resmi Dibuka, Ada Pertandingan Silat Budaya

Bagaimana agar permainan ini tidak punah dan semakin dikenal terutama oleh anak-anak, yang sekarang lebih suka main game di smartphone?

Sekretaris Formi Banjarmasin Frida Luntungan mengatakan memang keberadaan Formi ingin menyasar anak-anak agar aktif bergerak.

Pada era digital, perlu sekali mengenalkan kembali permainan-permainan tradisional. Sebab permainan berbasis informasi teknologi membuat anak malas bergerak.

"Berbeda sekali dengan permainan tradisional, bisa membantu aspek fisik anak,” ujar Yenny, sapaan akrabnya saat acara B-Talk, Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Jumat (11/9/2020) pukul 14.00 Wita.

Tidak heran saat ini kata dia ada anak yang sudah mengalami gangguan kolesterol, obersitas dan penyakit yang seharusnya didominasi para orangtua yang malas bergerak lainnya.

Halaman
123
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved