Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Tahap Pertama Rampung, Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Tahap Kedua Dijadwalkan 17-18 September 2020

dari 48 bakal calon peserta Pilkada di Kalsel tahun ini, belum seluruhnya mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan.

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Komisioner KPU Provinsi Kalsel Koodinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hatmiati 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rangkaian pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalsel yang dipusatkan di RSUD Ulin Banjarmasin sudah berlangsung sejak Minggu (6/9/2020) dan berakhir Jumat (11/9/2020).

Meski demikian dari 48 bakal calon peserta Pilkada di Kalsel tahun ini, belum seluruhnya mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan.

Pasalnya, beberapa diantaranya terkonfirmasi mengidap Covid-19 sehingga harus ditunda pelaksanaan pemeriksaan kesehatannya.

KPU Provinsi Kalsel Kantongi Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon, Diumumkan 13 September

Jerit Tangis Nia Ramadhani Gegara Tes Swab Covid-19, Istri Ardi Bakrie Ternyata Tolak Lakukan Ini

Balasan Atta Halilintar pada Aurel Lewat Calon Bojo, Jawaban Lagu Kepastian dari Putri Krisdayanti

"Yang ditunda ada di 5 kabupaten/kota, Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, Tanbu dan Kotabaru," kata Komisioner KPU Provinsi Kalsel Koodinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hatmiati dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Jumat (11/9/2020).

Dijelaskannya, beberapa bakal calon yang tertunda pemeriksaan kesehatannya itu dijadwalkan akan melanjutkan pemeriksaan kesehatan pada Tanggal 17 hingga 18 September mendatang.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak rumah sakit, IDI, HIMPSI dan BNN untuk pemeriksaan lanjutan bagi calon yang terkonfirmasi Covid-19 dijadwalkan pada 17-18 september mendatang," paparnya.

Jika berlangsung lancar, maka hasil pemeriksaan kesehatan para bakal calon tersebut akan selesai dan diserahkan ke KPU masing-masing kabupaten/kota wilayah pemilihan si bakal calon pada Tanggal 21 September.

Artinya kata Hatmiati, penetapan pasangan calon tetap bisa dilaksanakan serentak sesuai jadwal tahapan penetapan pada Tanggal 23 September, sepanjang syarat calon yang bersangkutan memang sudah terpenuhi.

Diketahui sebelumnya setidaknya ada sebanyak 4 orang bakal calon peserta Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalsel yang positif mengidap Covid-19 setelah melalui pemeriksaan swab di RSUD Ulin Banjarmasin.

Selain itu ada pula beberapa bakal calon yang sudah mengakui terpapar Covid-19 sebelum jadwal pendaftaran bapaslon di KPU.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved