Breaking News:

Travel

VIDEO Melihat Potensi Perikanan di Kelurahan Panamas Kapuas, Mayoritas Warga Budidaya Ikan Patin

Kelurahan Panamas punya potensi besar sebagai sentra budidaya ikan patin di Kabupaten Kapuas. Sekitar 80 persen warganya budidaya kolam patin.

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Panamas adalah salah satu kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kelurahan Panamas ini memiliki potensi besar di bidang perikanan. Terlihat dari banyaknya warga di sana membudidayakan ikan di kolam tanah, khususnya untuk ikan patin.

"Mayoritas warga di Panamas, hampir 80 persen, punya kolam dan membudidayakan ikan patin," kata Lurah Panamas, Yaya Setiabudi.

Itu tersebar dari RT 1 sampai dengan RT 12, hampir tiap belakang rumah warga ada kolam tanah untuk budidayakan ikan.

Kelurahan Panamas Sentra Budidaya Ikan Patin di Kabupaten Kapuas, 80 Persen Warga Punya Kolam Patin

PSBB Total di Jakarta Diterapkan Pekan Depan, Aprindo Minta Ritel Modern dan Mal Tetap Buka

Kampung Bermain Ujung Tombak Majunya Olahraga Tradisional di Kalsel

"Ini potensi di Panamas, bidang perikanan. Maka itu kami tentu akan bekerjasama dengan Dinas Perikanan untuk berupaya memajukan Kelurahan Panamas untuk bidang perikanan khususnya Patin," ujarnya.

Pihaknya juga selama ini terus memberikan perhatian penuh dalam mengembangkan sektor perikanan di wilayah Kelurahan Panamas.

"Kelurahan Panamas mempunyai koperasi gabungan bidang budidaya ikan, ada kelompok tani juga di sini untuk budidaya ikan," ujar Yaya.

Pemerintah Kelurahan Panamas pun berkeinginan menjadikan Panamas sebagai kelurahan percontohan dalam mengembangkan budidaya perikanan patin.

"Ya, kami ingin menjadikan Kelurahan Panamas, sebagai kelurahan percontohan terkait perikanan, atau ikon budidaya ikan patin di Kabupaten Kapuas," kata Lurah.

Halaman
123
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved