Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini 6 Minuman ala Rumah yang Bisa Bantu Perawatan Batu Ginjal

Membaca kata batu ginjal mungkin membuat sebagian orang takut akan rasa sakitnya. Ya, salah satu jenis sakit ginjal ini kerap menimbulkan rasa nyeri

Shutterstock
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Membaca kata batu ginjal mungkin membuat sebagian orang takut akan rasa sakitnya. Ya, salah satu jenis sakit ginjal ini kerap menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan di area punggung terutama saat buang air kecil. Seperti namanya, batu ginjal terjadi karena adanya endapan keras mineral yang terbentuk dalam ginjal.

Endapan tersebut biasanya menyerupai kerikil hingga batu. Hal ini terjadi ketika mineral tertentu menumpuk dalam tubuh. Penyebab endapan ini sendiri bisa beragam, misalnya saja pola makan tinggi protein, gula, dan garam. Faktor lain seperti genetik, obesitas, kurang minum, serta konsumsi vitamin aray suplemen dosis tinggi juga bisa jadi pemicunya.

Melihat penyebab dan faktornya, batu ginjal juga dapat diobati dengan mengubah pola makan dan pengobatan. Perawatan batu ginjal juga dapat dilakukan ala rumahan.

Kuliner Ayam : Ini Resep Ayam Tepung Goreng, Terbayang Kriuknya

Bermunculan Pelaku UMKM Kuliner Baru, Ini yang Dilakukan Ony Agar Tak Ditinggalkan Pelanggan

Setidaknya ada 6 jenis perawatan rumahan yang bisa dilakukan untuk penderita batu ginjal.

1.    Minum air

Masalah ginjal biasanya berhubungan dengan konsumsi cairan. Merangkum dari Healthline, minum banyak cairan adalah bagian penting dalam menjaga ginjal, mencegah pembentukan batu ginjal, dan bahkan bisa mengeluarkannya.

 Ya, cairan tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh tapi juga mengeluarkan batu ginjal melalui saluran kemih.

Jika Anda didiagnosis dengan batu ginjal, upayakan untuk minum 12 gelas air setiap hari.

Pasalnya, dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal.

Anda perlu memperhatikan warna urine untuk memastikan kondisi hidrasi tubuh. Warna urine yang baik adalah kuning pucat yang sangat terang.

Halaman
123
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved