Breaking News:

Berita Kalteng

Produksi Pertanian Terus Meningkat, Kalteng Lakukan Panen Raya di Kawasan Food Estate

Panen raya dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran di kawasan Food Estate di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pula

Humas Pemprov Kalteng
Panen Raya padi di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah,  Sabtu (12/9/2020) . 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Panen raya dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran di kawasan Food Estate di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah,  Sabtu , akhir pekan tadi.

Kelompok tani yang melakukan panen raya adalah kelompok tani Margo Rukun, Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu seluas 20 Ha untuk jenis Padi Varietas Hibrida Supadi yang selama beberapa bulan ini menggarap lahan di kawasan terebut untuk mendukung food estate setempat.

Sugianto Sabran, mengungkapkan, pihaknya menyiapkan sarana dan prasarana diantaranya alat-alat pertanian, infrastruktur, perbankan dan sarana penunjang lainnya untuk mendukung program pertanian tersebut. "Kalteng merupakan salah satu daerah yang mampu mempertahankan sebagai daerah surplus produksi beras selama lebih kurang 10 Tahun terakhir," ujarnya.

Dia mengungkapkan, produksi jagung dalam kurun waktu 3 Tahun terakhir mengalami peningkatan sangat pesat. Tahun 2015 produksi jagung 8.940 Ton Pipilan Kering dan Tahun 2019 produksi jagung sebesar 71.000-118.000 Ton Pipilan Kering, naik hampir 1.000 persen.

Dia menyampaikan,  kedepannya dengan dicanangkannya Perluasan Lahan Sawah Baru di Kalteng tentunya akan lebih mampu memenuhi kedaulatan pangan terutama beras secara regional dan mampu menyumbang peningkatan produksi beras Nasional.

Korban Banjir Lamandau Kalteng Diberi Bantuan Beras dan Pakaian Layak Pakai

Panamas Sentra Ikan Patin di Kapuas, Daerah Pemasok Ikan Patin Terbesar di Kabupaten Kapuas Kalteng

"Saya mengharapkan bantuan dan dukungan sepenuhnya dari semua  stakeholder yang terlibat dalam membangun Kalteng.Saya mengajak seluruh masyarakat petani untuk bahu-membahu membangun Kalteng," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved