Breaking News:

Berita Banjarmasin

Gubernur Kalsel Paman Birin Ungkapkan Peran Penting Pers Kawal Demokrasi

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin sebut pers sebagai pilar keempat demokrasi punya peran penting mengedukasi publik dan kontrol sosial

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin (tengah) bersama Ketua PWI Pusat, Atal S Depari (kanan), dan Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi, saat menghadiri seminar, Senin (14/9/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memberikan apresiasi kepada para insan pers, saat menghadiri dan membuka Seminar Pers yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di kantor sekretariatnya, Jalan Pangeran Hidayatullah, Kota Banjarmasin, Senin (14/9/2020).

Pada seminar bertema peran Pers Mengawal Pemilu yang Bermartabat ini, Sahbirin memaparkan pentingnya peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

Menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, pemilu termasuk Pilkada Serentak Tahun 2020 yang juga akan digelar di Kalsel merupakan suatu perwujudan dari kedaulatan rakyat.

Dimana Undang-undang mengamanatkan agar perhelatan Pemilu digelar secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga dapat menciptakan Pemilu yang bermartabat.

"Pers sebagai pilar ke empat demokrasi punya peran penting menginformasikan masyarakat, edukasi publik sekaligus menjadi alat kontrol sosial," kata Paman Birin.

Tak Pakai Masker, Pedagang di Pasar Antasari Banjarmasin Pilih Hukuman Menyapu

Penumpang Pesawat dari Jakarta Masuk Kota Banjarmasin Wajib Perlihatkan Hasil Swab Negatif Covid-19

Sebanyak 10 Orang Tak Pakai Masker Terjaring Razia di Banua Anyar Banjarmasin

Pilkada Banjarmasin 2020 : KPU Nyatakan 4 Bapaslon Memenuhi Syarat

Edarkan Sabu, Tiga Warga Pekapuran Banjarmasin Diciduk, Polisi Amankan 20 Gram Sabu

Karena itu menurutnya, Ia selalu proaktif dalam upaya meningkatkan kapasitas pers di Kalsel demi mendukung peran pers dalam menjaga demokrasi.

Para insan pers termasuk di Kalsel diyakininya sudah paham dengan tugas pokok dan fungsinya.

Baginya, peran pers juga sebagai penyeimbang, menjadi corong informasi dan menjadi penyambung komunikasi.

"Dunia tanpa wartawan itu ibarat sayur tanpa garam. Jadi media itu memberi warna, kegembiraan, informasi dari satu ke satu lainnya bisa sampai karena media menyambung komunikasi," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Paman Birin juga sekaligus menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa 5.000 lembar masker yang diserahkan kepada Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi.

Selain Paman Birin, pada seminar ini hadir pula Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI, Suprapto S Atmojo, anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat dan Tokoh Pers Nasional, HG (P) Rusdi Effendi AR serta Ketua Dewan Kehormatan PWI Kalsel, Faturrahman.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved