Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Ikut Pantau dan Sukseskan Pilkada Kalsel 2020, PWI Kalsel Segera Bentuk Mappilu PWI di Kalsel

Ikut serta dalam memamtau dan menyukseskan Pilkada Kalsel 2020, PWI Kalsel segera membentuk dan menyusun kepengurusan Mappilu PWI Kalsel

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Ketua PWI Provinsi Kalsel, Zainal Helmi 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) yang dibentuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sudah ada sejak Tahun 2003 lalu.

Dalam kegiatan dan tugasnya, Mappilu PWI mengantongi Akreditasi Bawaslu dengan nomor sertifikat 034/BAWASLU/II/2019 dan sudah berbadan hukum serta tercatat di Kementrian Hukum dan HAM RI dengan nomor registrasi AHU-0001190.AH.01.07.TAHUN2019.

Mappilu yang memiliki fungsi pemantauan, pendidikan, advokasi, penelitian dan sosialisasi terkait Pemilu diisi oleh para insan pers dan masyarakat termasuk akademisi, praktisi, tokoh masyarakat maupun mantan penyelenggara Pemilu.

Menjelang puncak tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang juga akan diselenggarakan di Kalsel, peran Mappilu PWI dinilai Ketua PWI Provinsi Kalsel, Zainal Helmi juga penting dalam menyukseskan Pilkada Kalsel.

VIDEO Pilkada Kotim 2020, KPU Minta Pasangan Calon Pastikan Dokumen Sesuai Syarat

Bangkal Satu-satunya Kelurahan di Kota Banjarbaru Konsisten Zona Hijau

Update Info BMKG Selasa 15 September 2020, Prakiraan Cuaca 33 Kota, Potensi Hujan Petir di 4 Wilayah

Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan segera menyusun usulan kepengurusan Mappilu PWI di Provinsi Kalsel agar bisa disahkan oleh PWI dan Mappilu PWI Pusat.

"Nanti PWI Kalsel akan membentuk kepengurusan karena kepengurusan bukan cuma hanya wartawan tapi juga masyarakat. Itu bisa dosen, praktisi, tokoh masyarakat yang pasti harus bersih dari kegiatan dan afiliasi kepartaian atau tim pemenangan paslon. Mudah-mudahan dalam minggu ini akan kami sampaikan ke PWI Pusat," kata Helmi, Senin (14/9/2020).

Dijelaskannya, bentuk kontrol yang dilakukan Mappilu PWI pada akhirnya melahirkan laporan penyimpangan atau aduan dari dasar pemantauan untuk selanjutnya diteruskan kepada penyelenggara Pemilu atau pihak berwenang lainnya dan bisa pula menjadi bahan pemberitaan.

Namun jika terbentuk, Mappilu PWI Kalsel akan terlebih dahulu fokus dalam upaya mengedukasi para anggotanya terkait materi kepemiluan serta teknis peliputan yanh sesuai dengan kaidah kode etik jurnalistik.

Baru setelahnya terkait pemantauan potensi pelanggaran akan dikerjasamakan dengan Bawaslu.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved