Breaking News:

Atasi Masalah Mulut Kering

Ini Cara Mengatasi Masalah Mulut Kering

Mulut kering rasanya sangat tidak nyaman, bahkan jika hanya terjadi sebentar saja. Menurut Dokter Pengobatan Keluarga, Neha Vyas, MD.

shutterstock
ilustrasi bibir pecah-pecah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mulut kering rasanya sangat tidak nyaman, bahkan jika hanya terjadi sebentar saja. Menurut Dokter Pengobatan Keluarga, Neha Vyas, MD, ada beberapa penyebab mulut kering, termasuk pengobatan tertentu, infeksi, dehidrasi, hingga pengobatan kanker.

Beberapa obat, radiasi, dan kemoterapi juga dapat merusak kelenjar ludah, membuat kita mengalami masalah mulut kering. Mulut kering yang tidak diobati atau xerostomia, dapat mengganggu kesehatan mulut dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti: Halitosis (bau mulut) Gigi berlubang Infeksi jamur Gingivitis (penyakit gusi) Pemasangan gigi palsu yang tidak tepat.

Seiring waktu, kondisi mulut kering mungkin juga menyebabkan kita mengalami perubahan rasa, kesulitan menelan, dan dalam beberapa kasus, perubahan bicara. Kita juga melihat retakan dan luka di bibir dan sudut mulut, atau mengalami sensasi terbakar di lidah.

"Mulut kering biasanya sembuh dengan sendirinya satu hingga dua bulan setelah menyelesaikan kemoterapi, tetapi bisa bertahan enam bulan hingga satu tahun setelah melakukan radiasi ke kepala dan leher,” kata Dr. Vyas. Mengatasi mulut kering Terlepas dari penyebabnya, Dr. Vyas menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mulut kering, di antaranya:

1.    Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Minumlah air dalam jumlah cukup sepanjang hari, sebanyak delapan hingga 12 gelas setiap harinya. Kecuali, dokter menyarankan untuk tidak melakukannya karena beberapa alasan. Untuk membuat membiasakan diri sering minum, bawalah botol minum kemana pun sehingga kamu bisa segera minum kapan pun dibutuhkan.

2.    Permen karet atau permen

Mengunyah permen karet tanpa gula atau permen bebas gula bisa membantu mengatasi mulut kering bagi sebagian orang. Jangan lupa, pastikan permen tersebut bebas gula untuk mencegah konsumsi kalori dan karbohidrat berlebih.

3.    Menghindari alkohol, kafein dan jus asam Artinya, usahakan untuk mengindari konsumsi kopi, jus yang terbuat dari buah-buahan sitrus dan wine di malam hari. Jangan lupa mengecek jika ada alkohol tersembunyi yang ada pada produk seperti obat kumur.

Basahi makanan Basahi semua makanan kering dengan kaldu, saus, susu, atau mentega cair. Karena kelenjar liur tidak menghasilkan cukup air liur, cara ini bisa membantumu mengunyah dan menelan makanan lebih mudah.

Halaman
12
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved