Breaking News:

Berita Kalteng

Presiden Joko Widodo Diagendakan Tanam Padi Bersama Warga di Kawasan Food Estate Kalteng

Kawasan food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau dalam waktu dekat bakal kembali dikunjungi Presiden RI untuk penanaman padi bersama warga.

Humas Pemprov Kalteng
Kawasan, Desa Belanti Siam, wilayah Food Estate Pulangpisau dan Kapuas, akan kembali dilakukan penanaman padi perdana oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Upaya mewujudkan kawasan lahan Eks Pembukaan Lahan Gambut Sejuta Hektare di Kawasan Transmigrasi Kapuas dan Pulangpisau Kalteng sebagai lokasi Food Estate hingga, Senin (14/9/2020) terus dilanjutkan oleh Kementerian Pertanian Pusat.

Bukan hanya itu, Kementerian PUPR juga dilibatkan dalam pembuatan irigasi dan jalan sebagai sarana pendukung di kawasan food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau yang sudah dicanangkan sebagai lokasi pertanian tersebut oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Penanaman padi untuk ketahanan pangan nasional pun akan rencanannya akan kembali dilakukan oleh Presiden RI  Joko Widodo, dalam waktu dekat.

Qori HSS Raih Juara Tiga Saritilawah, MTQ Suara Emas ke-IV di Balangan

Pilkada Balangan 2020 : Dua Bapaslon Bupati dan Wabup Dinilai Penuhi Syarat Pencalonan

Cegah Klaster Perkantoran, Provost Periksa Suhu Tubuh Warga saat Masuk Polda Kalsel

Lokasi yang akan ditanami padi oleh Presiden tersebut juga dipantau oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan pejabat Kalteng,di lokasi panen raya lahan milik warga pendukung ketahanan pangan atau food estate di Desa Gadabung, Kabupaten Pulang Pisau, akhir pekan tadi.

Lokasi Desa Belanti Siam, wilayah Food Estate ini, akan kembali dilakukan penanaman padi perdana oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet. Alsintan terus didorong oleh kementerian untuk melakukan pengolahan sawah petani setempat.

Selama seminggu membajak sawah sampai puluhan hingga ratusan hektare, merupakan program nasional yang baik dan ketahanan pangan tersebut akan sangat membantu masyarakat Kalteng dan Indonesia juga dunia.

Mentan Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, program food estate harus terus digenjot untuk kesuksesannya. Dia meminta Forkopimda Kalteng juga Bupati, melakukan persiapan agar penanaman padi berjalan dengan baik." Nanti akan panen luar biasa di kawasan ini," ujarnya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, menyatakan, kesiapan pendukung lahan pertanian tersebut dari infrastruktur dan lokasi juga siap.

"Kami segera berkoordinasi bersama Pemkab, TNI dan Polri hingga koordinasi dengan Kementerian, untuk kelancaran penanaman padi oleh Pak Presiden dan warga nantinya,” ujar Sugianto.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved