Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Tidak Undang Andin-Guru Oton, KPU Banjar Sebut Bapaslon Independen Ini Jalani Karantina Mandiri

Rapat pleno KPU Banjar tidak dihadiri bakal pasangan calon (Bapaslon) Andin-Guru Oton. KPU sebut pasangan indenpenden itu jalani karantina mandiri

KPU Banjar untuk BPost
Rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan pasangan calon di Pilkada Banjar 2020. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banjar hanya dihadiri dua bakal pasangan calon untuk menerima berita acara hasil penelitian persyaratan calon.

Dalam di hotel Grand Dafam Banjarbaru tersebut hanya terlihat pasangan H Saidi Mansyur dan Habib Idrus Al Habsyie dan pasangan H Rusli dan H Fadlan Asy'ari, Senin (14/9/2020)  .

Satu bapaslon lain yakni Andin Sofyanoor dan H M Syarif Busthomi tak terlihat hadir di acara itu. Keduanya, memang ternyata tidak diundang.

Ketua KPU Banjar, Muhaimin mengakui memang tidak mengundang keduanya dalam acara tersebut sehingga Andin-Guru Oton tidak hadir diacara tersebut.

Hasil Swab test Mandiri Andin Negatif Covid-19, Begini Respon KPU Banjar

Hasil Tes Swab Andin Sofyanoor di RS Medistra Jakarta Negatif Covid-19

"Kami memang tidak mengundang keduanya karena keduanya masih menjalani karantina atau isolasi mandiri," ujar Ketua KPU Banjar, Muhaimin.

Sebelumya keduanya dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani swab tes sebelum melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan Minggu (6/9/2020).

Keduanya kemudian diberi waktu 10 hari hingga Rabu (16/9/2020) melakukan karantina sebelum melanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan.

"Nanti 17 september kita akan ajukan lagi pemeriksaan SWAB, dan setelah dinyatakan negatif maka akan kita lakukan rapat pleno susulan," ungkap Muhaimin.

Sebelumnya keduanya menggelar konferensi pers untuk menampik hasil swab tes dari RSUD Ulin Banjarmasin yang merupakan RS rujukan KPU Kalsel untuk pemeriksaan kesehatan kontestan Pilkada.

Keduanya menyertakan bukti hasil swab tes mandiri yang menyatakan negatif Covid-19.

Pasca Dinyatakan Positif Covid-19, Beredar Swab Andin di RS Medistra Jakarta, Begini Hasilnya

Andin melakukan Swab tes mandiri di RS Medistra Jakarta sedangkan Guru Oton melakukan Swab tes di RS Ciputra Banjar.

Lantas jika keduanya tak diundang karena dianggap masih melakukan isolasi maka hasil swab tes mandiri yang dilakukan keduanya tak diterima. Ungkap Muhaimin pihaknya hanya mengacu pada hasil swab tes dari RS rujukan.

"Karena KPU Provinsi telah melakukan MoU dengan rumah sakit tersebut," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved