Breaking News:

Kuliner

Tips Pilih Tempe Kualitas Baik, Jangan Lupa Perhatikan 3 Faktor Ini

Perlu berhati-hati dalam memilih tempe karena tak semua tempe yang dijajakan memiliki kualitas yang baik. Masakan yang sedap dapat tercipta dari tempe

cookpad/Wulandari Yulia Puspita
Tumis buncis tempe 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perlu berhati-hati dalam memilih tempe karena tak semua tempe yang dijajakan memiliki kualitas yang baik. Masakan yang sedap dapat tercipta dari tempe berkualitas bagus.

Memilih tempe berdasarkan kualitasnya sangat memengaruhi rasa hingga lama penyimpanannya. Kualitas tempe bisa dilihat dari tekstur, bau, hingga warnanya.

Chef Aguk Prasetiyo dari Hotel Santika Cirebon menjabarkan tips memilih tempe yang tepat.

1. Warna tempe dan jamur

Hal pertama yang dapat dilihat adalah warna kedelai dan jamur pada tempe. Perhatikan warna kedelai tempe yang kuning dan jamurnya masih berwarna putih.

“Ada tempe yang warnanya hitam atau sudah coklat, itu sudah mulai busuk,” papar Chef Aguk kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

2. Tekstur padat dan tidak mudah hancur

Pilih tempe yang bertekstur padat dengan kacang kedelai dan sedikit jamur putih seperti kapas di sela-selanya. Permukaan tempe yang bagus akan tetap padat jika ditekan. Selain itu, teksturnya pun agak keras karena butiran kedelai yang rapat.

Tempe Sambal Goreng Kering Bekal Anak Kos, Begini Resep Bahan dan Cara Mudah Membuatnya

Kuliner Ayam : Ini Resep Ayam Tepung Goreng, Terbayang Kriuknya

Jika dipotong tidak mudah hancur atau terlepas butiran kedelainya. Tempe yang bagus kualitasnya, rasanya gurih dan tidak ada rasa pahit sedikit pun. Tempe yang dibungkus plastik lebih awet daripada tempe yang dibungkus daun.

Tempe yang masih baru biasanya masih hangat, kedelainya utuh, dan padat. Jangan pilih tempe yang agak basah, berwarna coklat kehitaman dan mudah patah. Tempe dengan ciri-ciri seperti ini akan cepat busuk.

3. Aroma jamur segar

 Tempe yang kualitasnya baik adalah tempe yang memiliki aroma jamur segar. Selain itu hindari bau tempe yang terlalu menyengat dan sangit.

“Tempe kan memang selalu mengalami proses fermentasi jadi akan semakin matang setiap harinya, nah baunya akan terlihat berbeda saat tempe yang baik dan yang sudah mau busuk,” paparnya.

Tempe tidak dapat disimpan dalam waktu lama di lemari es. Tempe hanya bertahan sekitar 3-5 hari. Jangan menumpuk tempe karena akan membuatnya cepat busuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Pilih Tempe Kualitas Baik, Perhatikan 3 Faktor Ini...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/14/161600075/tips-pilih-tempe-kualitas-baik-perhatikan-3-faktor-ini-

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved