Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dinkes Banjarmasin Adang Penumpang Jakarta, Lakukan Swab di Pintu Masuk di Bandara Syamsudin Noor

Swab terhadap orang atau penumpang yang datang dari Jakarta dan akan memasuki Banjarmasin dilakukan Dinkes Banjarmasin di Bandara Syamsudin Noor

Dinkes Banjarmasin untuk BPost
Petugas Dinas Kesehatan Banjarmasin melakukan swab kepada pelaku perjalanan dari Jakarta menuju Banjarmasin di Bandara Internasional Syamsudin Noor. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Screening terhadap orang atau penumpang yang datang dari Jakarta dan akan memasuki Banjarmasin benar-benar serius dilakukan Pemko Banjarmasin.

Pemko Banjarmasin bahkan telah menerbitkan surat berupa Instruksi Wali Kota Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Upaya Mitigasi Lonjakan Kasus Konfirmasi Covid-19 di Kota Banjarmasin.

Surat instruksi yang ditandatangani langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina ini ditetapkan tertanggal hari ini Selasa (15/9/2020).

Dan pada hari pertama surat instruksi ini diterbitkan, Dinas Kesehatan Banjarmasin pun langsung melakukan action penerapan.

Pendatang dari Jakarta Discreaning, Jika Positif Wajib Jalani Isolasi

Instruksi Wali Kota Banjarmasin Terbit, Pulang dari Jakarta Tak Bisa Leluasa Masuk Banjarmasin

Hari ini Dinas Kesehatan Banjarmasin melakukan screening kepada pelaku perjalanan dari Jakarta khususnya yang akan memasuki Banjarmasin.

Screening tersebut dilakukan di pintu masuk udara menuju Banjarmasin yakni Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru dan dilakukan sejak pagi tadi.

"Sesuai Instruksi Wali Kota Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2020 tentang upaya mitigasi terhadap penanganan Covid-19 di Banjarmasin, tentu Dinas Kesehatan menyikapi hal tersebut dengan melakukan upaya-upaya screening lebih awal di bandara dengan melakukan penghadangan terhadap semua pelaku perjalanan dari Jakarta khususnya yang memasuki wilayah Banjarmasin untuk dilakukan screening," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi.

Machli pun menambahkan bahwa pihaknya pun juga melakukan swab langsung di bandara Syamsudin Noor.

"Kami sekaligus melakukan swab bagi mereka yang tidak mengantongi surat keterangan pemeriksaan swab negatif," jelasnya.

Orang-orang Ini Tak Sengaja Tertelan Alat Tes Swab Covid-19 saat Buka Mulut, Begini Kisahnya

Machli juga menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan tidak lain sebagai antisipasi agar tidak terjadi gelombang kedua kasus Covid-19 di Banjarmasin.

"Ini bertujuan melakukan manajemen risiko sedini mungkin terhadap penambahan kasus di Banjarmasin. Jangan sampai nanti ada gelombang kedua yang tidak kita sadari. Sementara kita tahu bahwa Jakarta audah menarik remnya terhadap kondisi yang darurat yang dinyatakan oleh Gubernurnya. Dan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 serta upaya melakukan advokasi," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved