Breaking News:

Berita Banjarbaru

Satpol PP Siap Tegakkan Perwali Banjarbaru, Sanksi Sosial Menanti Pelanggar

Satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Banjarbaru akan menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 27 Tahun 2020

Banjarmasinpost.co.id/aprianto
Kasatpol PP Banjarbaru, Marhain Rahman. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Banjarbaru akan menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 27 Tahun 2020, Rabu, (16/9/2020).

Sesuai dengan perwali ini, warga Kota Banjarbaru yang melanggar aturan protokol kesehatan covid-19 akan diberlakukan sanksi.

Kepala Satpol PP Kota Banjarbaru, Marhain Rahman mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat bersama TNI dan Polri terkait dengan penegakan perwali nomor 27 tahun 2020.

"Besok, kami bersama dengan TNI dan Polri, akan melaksanakan giat lapangan terkait dengan pendisiplinan protokol kesehatan covid-19," katanya, Selasa, (15/9/2020).

VIDEO Giat Perwali Banjarmasin, Pengemudi Cewek Pun Terjaring

10 Kali Terapkan Denda Perwali di Banjarmasin, Jumlah Uang Terkumpul Nyaris Rp 8 juta

Instruksi Wali Kota Banjarmasin Terbit, Pulang dari Jakarta Tak Bisa Leluasa Masuk Banjarmasin

Terkait dengan saksi yang akan diberikan kepada warga yang melanggar perwali itu, Marhain mengatakan akan diberlakukan saksi kerja sosial.

Apakah denda uang nominal 50 ribu juga akan diterapkan pada Rabu, (15/9/2020), Marhain mengatakan masih belum dilakukan.

"Untuk penegakan perwali kita lakukan dengan penerapan sanksi kerja sosial, namun untuk sanksi denda masih belum karena kita masih perlu koordinasi dengan SKPD teknis lainnya," katanya.

Sekadar diketahui, perwali ini berisi tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid 19 di Kota Banjarbaru.

Perwali ini dibuat berdasarkan instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid 19 menggantikan perwali Nomor 20 Tahun 2020 sebelumnya.

Berdasar Perwali perwali nomor 27 tahun 2020, ada berbagai kewajiban yang harus dipatuhi masyarakat. Mulai dari menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved