Breaking News:

Serambi Mekkah

Pertahankan Akreditasi Type A, Perpustakaan Kabupaten Banjar Optimalkan iMartapura

Tingginya minat baca, Dispersip Kabupaten Banjar, Kalsel, terus memberikan pelayanan kepada pemustaka melalui aplikasi iMartapura.

DISKOMINFOSTANDI KABUPATEN BANJAR
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, drg Yasna Khairina, memperlihatkan sertifikat Akreditasi dengan nilai A. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejak merebak pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, terpaksa harus menutup sementara layanan kunjungan dan peminjaman buku secara manual.

Masyarakat didorong untuk tetap bisa menyalurkan minat baca mereka melalui layanan aplikasi iMartapura.

Pada September ini merupakan Hari Kunjungan Perpustakaan Nasional, tepatnya pada tanggal 14 September sejak dicanangkan pada tahun 1995.

"Selain itu, tanggal 14 September juga sebagai hari gemar membaca," jelas Kepala Dispersip Kabupaten Banjardrg Yasna Khairina, di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (14/9/2020).

Melihat tingginya minat baca, maka Dispersip Kabupaten Banjar terus memberikan pelayanan kepada pemustaka. Salah satu inovasi, yakni meluncurkan perpustakaan digital yang diberi nama iMartapura.

Penyerahan sertifikat Akreditasi dengan nilai A yang diterima drg Yasna Khairina (dua dari kanan), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar.
Penyerahan sertifikat Akreditasi dengan nilai A yang diterima drg Yasna Khairina (dua dari kanan), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar. (DISKOMINFOSTANDI KABUPATEN BANJAR)

"Masyarakat bisa mengunduh aplikasi iMartapura melalui Play Store untuk dapat mengakses berbagai macam bacaan yang disediakan," jelasnya.

Dikatakan, berkat berbagai inovasi, Dispersip Kabupaten Banjar telah memperoleh Sertifikat Akreditasi dengan nilai A.

Penyerahan sertifikat dilaksanakan pada 4 Maret 2020 di Rattan Inn Hotel oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan Bunda Nunung, disaksikan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Satu-satunya Perpustakaan Daerah Kabupaten di Kalimantan Selatan yang memperoleh sertifikat Akreditasi dengan nilai A.

Akreditasi ini, menurut Yasna Khairina, sebagai prestasi yang terwujud atas peran semua pihak.

drg Yasna Khairina (baju putih), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, bersama staf dan pengunjung perpusatakaan.
drg Yasna Khairina (baju putih), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, bersama staf dan pengunjung perpusatakaan. (DISKOMINFOSTANDI KABUPATEN BANJAR)

"Terima kasih kepada rekan-rekan terutama Bidang Perpustakaan dan juga kepada Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan yang telah memberikan bimbingan dan supportnya kepada Perpustakaan Daerah Kabupaten Banjar, selama ini," katanya.

Dirinya mengharapkan, dengan prestasi ini, lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. (AOL/*)

Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved