Breaking News:

Revolusi Hijau Dishut Kalsel

Rawa Aman, Patroli Tim Dalkarhutla KPH Hulu Sungai Kalsel Lega

Tim Dalkarhutla KPH Hulu Sungai menyisir daerah rawa untuk cegah kebakaran lahan di Desa Muning, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS, Kalsel.

HUMAS DISHUT KALSEL
Tim Dalkarhutla KPH Hulu Sungai memantau daerah rawa di Desa Muning, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sudah beberapa hari ini, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, sering turun hujan dengan intensitas sedang. 

Cuaca demikian membuat para peladang memacu semangat untuk menanam pohon. Kondisi cuaca ini juga membuat tim Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) KPH Hulu Sungai tenang.

Meski begitu, kegiatan antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan tetap dilaksanakan. 

"Kami tidak terpaku adanya hujan. Karena saat ini masih musim kemarau meski basah. Tetap semangat untuk patroli hingga benar-benar aman terkendali," imbau Rudiono Herlambang, Kepala KPH Hulu Sungai.

Akhir pekan tadi, tim dalkarhutla menyisir daerah rawa di Desa Muning, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS. 

Tim Dalkarhutla KPH Hulu Sungai antispasi kebakaran lahan.
Tim Dalkarhutla KPH Hulu Sungai antispasi kebakaran lahan. (HUMAS DISHUT KALSEL)

Dengan membawa jet shooter, Fauzi Rahman, M  Syaiful Effendi, Muammar dan Sobirin menuju lokasi dengan mengendarai motor trail.  

Sepanjang jalan memang begitu terasa panas. Matahari begitu terik bersinar. Mereka tidak menemukan titik api ataupun kegiatan untuk memulai pembakaran lahan.

Lega, jelas dirasakan tim. Keadaan aman dan terkendali tanpa karhutla adalah harapannya.

Dan tim merasa lebih tenang saat mengetahui sebagian besar petani daerah rawa mulai mengurangi pembukaan lahan dengan dibakar.

"Mereka sudah mulai membuka lahan dengan cara disemprot menggunakan herbisida," lapor Fauzi Rahman saat tiba kembali di kantor. (AOL/*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved