Breaking News:

Berita Banjarmasin

Semua Driver Online di Kalsel Diimbau Gabung ke Koperasi

KEP merupakan dokumen perizinan atas satu kendaraan yang digunakan sebagai transportasi online dan diperbarui setiap satu tahun sekali.

BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Anang Anshari Jauhari, Ketua DPD Organisasi Angkutan Sewa Khusus Indonesia (Oraski) Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 118 Tahun 2018, para driver online harus memiliki KEP (Kartu Elektronik Standar Pelayanan). Karena itu, para driver online diimbau memilikinya.

Sebagaimana dikatakan Ketua DPD Oraski (Organisasi Angkutan Sewa Khusus Indonesia) Kalimantan Selatan, Anang Anshari Jauhari, KEP merupakan dokumen perizinan atas kendaraan yang digunakan sebagai transportasi online. Dan, KEP digunakan untuk satu kendaraan dan diperbarui setiap satu tahun sekali.

"Prosedurnya adalah para driver online masuk sebagai anggota Koperasi Abinaya Satiaparahita milik Oraski. Kemudian, Oraski Kalsel memfasilitasi pengajuan KEP ke Dinas Perhubungan Kalsel," ujarnya di Kota Banjarmasin, Selasa (15/9/2020).

Dijelaskan, Koperasi Abinaya itu sifatnya non-provit dan tidak membebankan iuran pada anggota. Imbaunya, para anggota bisa segera memenuhi peraturan dan driver yang mau gabung Oraski dipersilakan.

UPDATE Covid-19 Kalsel: Bertambah 77 Orang Positif, Total 9.500 Orang

Pilkada Kalsel 2020, Pemilih di DPS Pilgub Kalsel Menyusut 81 Ribu Lebih

KPU Kalsel Rekapitulasi Daftar Pemilh Sementara, Polda Kalsel Turunkan 80 Personel

Dukung Gadis Kalsel di Ajang Nasional, Caranya Vote Pada Ajang Putera-Puteri Tari Indonesia

"Dengan memiliki KEP maka driver online resmi beroperasi dan terhindar dari penindakan hukum oleh Dishub dan pihak Satuan Lalu Lintas," terang Anshari seraya mengatakan saat ini sudah ada 100 driver yang KEP-nya terbit.

Dijelaskan pula, Oraski merupakan organisasi yang menaungi dan mewadahi para driver online dari beberapa aplikator yakni Go Car, Grab Car, Maxim dan nantinya juga yang akan hadir In Driver.

"Sehingga jika ada permasalahan atau keinginan maupun usulan berhubungan dengan aplikator dan pemerintah daerah, maka melalui Oraski bisa menjembatani," paparnya.

Mengenai anggota Oraski Kalsel, dikatakan Ansyari,  tercatat sebanyak 500 driver. Sedangkan secara umum ada lebih 1.000 driver online.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved