Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pemprov Kalsel Minta Pemko Banjarmasin Tunda Screening Pelaku Perjalanan dari Jakarta

Plh Sekda Kalsel kirim surat ke Pemko Banjarmasin berisi permintaan tunda screening pelaku perjalanan luar Kalsel menuju Banjarmasin.

DINKES KOTA BANJARMASIN UNTUK BPOST GROUP
Petugas Dinkes Kota Banjarmasin melakukan swab kepada pelaku perjalanan dari Jakarta 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin, saat Selasa (15/9/2020), menerbitkan surat berupa Instruksi Wali Kota Nomor 3 Tahun 2020 tentang Upaya Mitigasi Lonjakan Kasus Konfirmasi Covid-19 di Kota Banjarmasin.

Hari yang sama, petugas Dinas Kesehatan Banjarmasin langsung melakukan screening, dengan mengadang setiap pelaku perjalanan atau penumpang pesawat dari Jakarta yang akan memasuki Banjarmasin, di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Bagi pelaku perjalanan yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan swab negatif Covid-19, langsung diminta  melakukan tes swab.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih dini di bandara. Terlebih, kasus Covid-19 di DKI Jakarta kembali meningkat.

Namun hanya sehari, Rabu (16/9/2020), kebijakan itu ditunda. Tidak ada lagi, petugas Dinkes Banjarmasin pengadangan di bandara terhadap penumpang yang akan menuju Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin Cabut Tarif Minimal 10 Meter Kubik, Dirut PDAM: Tak Masalah

Malam Ini Perbaikan Pipa PDAM Bandarmasih, Pelanggan Banjarmasin Utara Terdampak, Ini Rinciannya

Ojol Gadungan Embat Helm di Jalan Rahayu Banjarmasin Ditangkap Warga

Penjual Voucher Listrik Nyambi Edarkan Sabu Digiring ke Polresta Banjarmasin

Harga Kian Melonjak, Penjualan Emas Antam di Butik Logam Mulia Banjarmasin Capai 225,80 Kilogram

Penyebabnya, Pemko Banjarmasin mendapat surat dari Plh Sekdaprov Kalsel yang meminta penerapan kebijakan itu ditunda.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi, membenarkannya.

"Kami sempat sehari melakukannya dan hari ini menerima surat dari Plh Sekdaprov Kalsel untuk menunda sementara waktu. Dan kami sudah menyampaikan ke Wali Kota, kemudian arahan beliau kita ikuti saja penundaan ini," ujar Machli.

Machli pun menerangkan bahwa untuk menerapkan kebijakan ini, pihaknya pun sejatinya sudah melakukan koordinasi sebelumnya.

"Kemarin sebelum pelaksanaan, sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura dan juga perwakilan dari Pemprov Kalsel," jelasnya.

Diterangkan oleh Machli, tujuan dari pelaksanaan screening terhadap pelaku perjalanan dari Jakarta ini adalah sebagai bentuk antisipasi penularan Covid-19 di Banjarmasin.

"Ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah khususnya Pemko Banjarmasin, untuk melindungi serta mengadvokasi masyarakat," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved