Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tunda Screening di Bandara, Wali Kota Banjarmasin Turuti Permintaan Pemprov Kalsel

Wali Kota Banjarmasin Perintahkan petugas Dinas Kesehatan untuk tidak lagi melaksanakan screening di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, telah memerintahkan jajarannya menunda kegiatan tes swab terhadap penumpang pesawat yang baru di Bandara Internasional Syamsudin Noor menuju Banjarmasin, Rabu (16/9/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebijakan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melakukan screening terhadap pelaku perjalanan dari Jakarta, khususnya yang akan menuju Banjarmasin, rupanya menuai reaksi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Selasa (15/9/2020), Pemko Banjarmasin menerbitkan surat berupa Instruksi Wali Kota Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Upaya Mitigasi Lonjakan Kasus Konfirmasi Covid-19 di Kota Banjarmasin.

Kemudian, di hari yang sama, petugas Dinas Kesehatan Banjarmasin langsung melakukan screening dengan mengadang setiap pelaku perjalanan atau penumpang pesawat dari Jakarta yang akan memasuki Banjarmasin, di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Pelaku perjalanan yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan swab negatif Covid-19. diminta langsung melakukan tes swab.

UPDATE Covid-19 Kalsel: Bertambah 11 Orang Positif, Total 9.511 Orang

Update Covid-19 Banjarbaru: Positif Bertambah 35 Orang, Total 900 Orang

UPDATE Covid-19 Indonesia 16 September: Bertambah 3.963, Total Kasus Virus Corona Kini 228.993

Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih dini di bandara. Terlebih, kasus Covid-19 di DKI Jakarta kembali meningkat.

Namun saat Rabu (16/9/2020), Pemprov Kalsel melalui Plh Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar menyurati Pemko Banjarmasin untuk menunda pelaksanaan screening tersebut.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina langsung memutuskan untuk menunda pelaksanaan penerapan screening di bandara tersebut.

"Kami ikuti surat dari Plh Sekdaprov untuk menunda sementara. Kami hormati surat dari Plh Sekdaprov dan kami sudah minta Dinas Kesehatan untuk tidak lagi melaksanakan (screening,red)," ujar Ibnu Sina saat ditemui di Balai Kota.

Meskipun ditunda pelaksanaannya, namun Ibnu Sina berharap, hal ini tidak mengendurkan semangat untuk melakukan mitigasi.

Halaman
12
Penulis: Frans
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved