Breaking News:

Wabah Corona di Kalsel

VIDEO : Operasi Yustisi Penegakkan Disiplin Perwali Banjarmasin, Delapan Warga Disidang

Petugas gabungan dari berbagai unsur yakni TNI, Polri, Satpol PP, Dishub hingga BPBD Pemko Banjarmasin bekerja dengan Pemprov Kalsel, hari ini Kamis.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Petugas gabungan dari berbagai unsur yakni TNI, Polri, Satpol PP, Dishub hingga BPBD Pemko Banjarmasin bekerja dengan Pemprov Kalsel, hari ini Kamis (17/9/2020) menggelar penegakan Operasi Yustisi Perwali Nomor 68 Tahun 2020.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor ini dilaksanakan di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin.

Adapun kegiatan dimulai dengan melakukan apel yang diikuti oleh ratusan personel, kemudian dilanjutkan dengan merazia pengunjung dan juga pedagang yang ada di pasar Sentra Antasari.

Petugas pun membentuk tim kecil, kemudian juga memasuki setiap blok kios yang ada di dalam pasar hingga beberapa warga kedapatan tak mengenakan masker pun terjaring.

Menariknya mereka yang terjaring, langsung digelandang menuju pos yang ada di halaman pasar kemudian menjalani proses sidang.

Salah seorang yang terjaring, Yudistira pun langsung didudukkan di bangku bertulisan pelanggar dan dicecar pertanyaan oleh hakim yang bertugas.

Yudistira pun kepada hakim mengaku dirinya hanya melepas masker sebentar saja namun keburu tertangkap petugas.

Hakim pun menghadirkan petugas yang menangkapnya dan dimintai keterangan dan kemudian disebutkan bahwa dia tertangkap saat melepas total maskernya.

Oleh hakim, Yudistira pun kemudian dinyatakan melanggar protokol kesehatan dan ditawari berbagai jenis sanksi mulai dari melakukan pekerjaan sosial, hingga denda.

Pelanggar Protokol Kesehatan di Banjarmasin Langsung Disidang

VIDEO Beberapa Ruangan di RS Daerah Idaman Banjarbaru Difungsikan Lagi untuk Pasien Umum Non Covid

Dan dia pun membayar denda Rp 50 ribu, dan kemudian meninggalkan tempat sidang.

Selain digelar secara langsung, sidang juga saat itu dilakukan secara virtual khususnya kepada beberapa pelanggar yang terjaring oleh petugas yang juga melakukan operasi di wilayah Banjarmasin Barat.

Di sela-sela Operasi Yustisi tersebut, Gubernur H Sahbirin Noor melakukan kegiatan bagi-bagi masker kepada para pengunjung pasar maupun pedagang.

"Kitab berharap penegakan operasi yustisi ini membuat masyarakat semakin disiplin dengan protokol kesehatan dan mampu meminimalisir laju perkembangan Covid-19," ujar pria yang akrab disapa Paman Birin ini.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kalsel yakni Irjen Pol Nico Afinta, serta Komandan Korem 101/Antasari yakni Brigjen Firmansyah. (banjarmasinpost.co.id/Jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved