Breaking News:

Yayasan Adaro Bangun Negeri

Pembelajaran Adaptif di Masa Pandemi

Tak pernah terbesit dalam benak Nur bahwa Ia sendiri yang akan mengajar anaknya layaknya guru di sekolah.

Editor: Eka Dinayanti
yayasan adaro bangun negeri
Nur Asyiah, orangtua Hanan, salah satu murid Taman Kanak-kanak (TK) Annisa yang berlokasi di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak pernah terbesit dalam benak Nur bahwa Ia sendiri yang akan mengajar anaknya layaknya guru di sekolah.

Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh belahan dunia telah memberikan perubahan besar dalam berbagai lini kehidupan manusia.

Hal ini turut dirasakan oleh Nur Asyiah, orangtua Hanan, salah satu murid Taman Kanak-kanak (TK) Annisa yang berlokasi di Banjarmasin.

“Selama ini saya pikir jadi guru itu mudah, tinggal mengajar. Ternyata tidak segampang itu. Saya punya anak 3, laki-laki semua dengan karakter yang berbeda-beda. Saya harus super sabar saat mendampingi anak-anak saya belajar,” ungkap Nur.

yayasan adaro bangun negeri - Nur Asyiah, orangtua Hanan,

salah satu murid Taman Kanak-kanak (TK) Annisa

yang berlokasi di Banjarmasin.

Nur rupaya tak sendiri, kesulitan yang dirasakannya juga turut dialami oleh banyak orangtua murid lainnya.

Melihat kondisi tersebut, Tim Adaro Nyalakan Ilmu melalui Indonesia Heritage Foundation (IHF) selaku mitra Adaro melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut khususnya penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) di tengah pandemi covid-19.

Dimulai dengan sosialisasi dan penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang berisikan panduan cara orangtua mengajar anak, cara menilai anak, juga modul yang melengkapi proses belajar anak di rumah.

IHF juga melaksanakan serangkaian webinar parenting yang bisa ditonton guru dan orangtua murid binaan pada bulan Agustus-September 2020.

Materi dalam webinar tersebut diantaranya cara menumbuhkan Karakter, memperkenalkan anak berhitung dan menulis dengan cara menyenangkan di rumah, permainan untuk mengembangkan daya pikir dan motorik anak usia dini.

Tak hanya itu, Adaro melalui IHF juga membagikan contoh video-video sesi literasi untuk menciptakan suasana membaca buku yang menyenangkan bagi anak selama belajar di rumah.

Nur bersyukur dengan segala upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk membantu Nur dan orangtua lainnya agar pembelajaran di rumah dapat berjalan lancar.

Zuraida Murdia Hamdie selaku CSR Department Head PT Adaro Energy sekaligus Manajer Program Adaro Nyalakan Ilmu menyatakan bahwa Adaro terus berupaya mendukung Pendidikan di Indonesia terlebih di masa pandemi ini.

“Bersama IHF, kami mengenalkan ragam praktik pembelajaran bagi para guru dan orangtua sebagai solusi di masa pandemi. Upaya ini tak lain untuk memaksimalkan pengelolaan pembelajaran yang adaptif, fleksibel dan akomodatif,” tandas Zuraida. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved