Breaking News:

Tajuk

Jangan Asal Eksis

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan Liga tertinggi di Tanah Air itu bergulir pada 1 Oktober 2020.

BANJARMASINPOST.CO.ID - KOMPETISI Liga 1 2020 dipastikan bergulir. Bahkan, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan Liga tertinggi di Tanah Air itu bergulir pada 1 Oktober 2020. Kemudian, Liga akan berakhir pada 28 Februari 2021 mendatang.

Kepastian itu muncul setelah PSSI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang penyelenggaraan olahraga yang aman dari Covid-19. MoU itu sekaligus sebagai izin dilanjutkannya gelaran Liga 1 2020 di masa pandemi.

Laga perdana lanjutan Liga 1 2020 akan mempertemukan PSS Sleman vs Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. Sedangkan Liga 2 akan dimulai pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Sebanyak 24 tim peserta dibagi ke dalam 4 grup dengan 4 tuan rumah dan finalis bakal lolos ke Liga 1 pada 2021.

Bergulirnya kompetisi Liga 1 di tengah pandemi Covid-19 membuat PSSI dan PT LIB menerapkan aturan baru yang telah disesuaikan dengan kondisi saat ini. Salah satunya, seluruh pertandingan Liga 1 2020 bakal terpusat di Pulau Jawa.

Selain itu, terdapat satu regulasi khusus dalam berjalannya kompetisi darurat musim ini. Yakni dipastikan tidak akan ada tim yang didegradasi musim depan, baik itu dari kasta Liga 1 ataupun Liga 2. Selain tidak ada sistem degradasi, akan ada dua tim yang bakal promosi ke Liga 1 musim depan.

Lantas bagaimana dengan Barito Putera dan Martapura FC yang merupakan andalan Kalsel di Liga 1 dan Liga 2? Ternyata sudah ada persiapan. Barito sudah melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta. Sedangkan Martapura FC getol melakukan ujicoba, di antaranya dengan Madura United dan Arema FC.

Memang, tanpa adanya degradasi, tak ada beban bagi klub untuk berlaga di kompetisi musim ini. Namun, setidaknya keikutsertaan dua tim Banua itu memakai istilah ‘asal eksis’ sehingga berpotensi mempermalukan Kalsel di kancah sepakbola Tanah Air.

Bahkan, kalau bisa wakil Banua menjadi juara di kompetisi masing-masing. Apalagi, untuk juara dan runner up Liga 2 berpotensi untuk promosi ke Liga 1 musim berikut. Mengingat ada jatah dua klub yang bisa promosi musim berikutnya.

Kami percaya, Barito Putera dan Martapura FC akan tampil trengginas dan membuat para fans setianya bangga pada musim ini. ‘Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing’. (*)

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved