Breaking News:

Dispora Kalsel

Paman Birin Buka Festival Pencak Silat Budaya di Kiram Park Banjar, 500 Pesilat Ramaikan Kompetisi

Ratusan pesilat Kuntau di Banua ramaikan Festival Silat Budaya di Kiram Park Kabupaten Banjar yang resmi dibuka oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor

banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene
Atraksi silat para peserta pada Festival Pencak Silat Budaya yang dibuka oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Kiram Park Kabupaten Banjar 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Ratusan pesilat Kuntau se Kalimantam Selatan menghadiri Festival Silat Budaya yang digelar di Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (19/09/20).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan ini dibuka resmi oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Kegiatan pencak Festival silat budaya ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diprogramkan oleh Pemprov Kalsel melalui Dinas Pemuda Olahraga prov Kalsel dalam rangka pembinaan dan pengembangan serta pelestarian seni bela diri pencak silat di Kalimantan Selatan.

Kehadiran Gubernur Kalsel dengan menggunakan pakaian pesilat serba hitam mendapatkan kehormatan dari para pesilat berupa hadiah satu buah keris.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin mendukung kelestarian nilai-nilai budaya yang diwariskan leluhur yakni silat Kuntau.

“Kuntau sudah ada sejak zaman bahari, para datu-datu kita telah mewariskan sebuah seni beladiri yang harus kita jaga kelestariannya di banua,” katanya saat membuka kegiatan festival silat.

Sahbirin mengatakan zaman dulu para orang tua mengajarkan ilmu Kuntau kepada anak-anaknya sebagai ilmu beladiri khususnya yang akan merantau mencari nafkah di luar daerah.

“Biasanya bagi yang madam, dibekali dengan ilmu silat kuntau,” katanya.

Ia mengharapkan ke depan silat Kuntau di Kalsel semakin tumbuh berkembang serta mampu melahirkan bibit pesilat handal yang mampu berprestasi di ajang nasional bahkan internasional.

Halaman
123
Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved