Breaking News:

Pilkada Serentak

Kotak Suara Keliling Jadi Usulan KPU untuk Digunakan di Pilkada Serentak

Usulan tentang Kotak Suara Keliling dari KPU RI memungkinkan petugas KPPS berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya di tengah pandemi Covid-19.

(banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi)
ILUSTRASI - Kotak suara. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih membayangi pelaksanaan pilkada serentak yang dijadwalkan 9 Desember 2020.

Selain penyediaan kelengkapan pelindung diri, kini tentang petugas pilkada yang membawa kotak suara untuk pemilih tertentu di tengah pandemi.

Usulan tersebut dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, disebutnya sebagai Kotak Suara Keliling (KSK).

Metode ini memungkinkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya untuk memfasilitasi pemilih menggunakan hak suara mereka.

Mengenai Kotak Suara Keliling diusulkan sebagai metode alternatif, lantaran pemungutan suara di pilkada nanti dimungkinkan digelar di tengah pandemi Covid-19.

Pilkada Kotabaru 2020, Besok Hasil Pemeriksaan Kesehatan 2BHD Keluar

Pilkada Kalsel 2020, Tim Dokter Rampungkan Pemeriksaan Kesehatan Atas Seluruh Bapaslon

"Selama ini metode pemungutan suara hanya melalui TPS. Namun di tengah pandemi, metode Kotak Suara Keliling (dapat) menjadi alternatif," kata Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, kepada Kompas.com, Minggu (20/9/2020).

Pramono mengatakan, metode Kotak Suara Keliling dapat diperuntukkan bagi pemilih yang takut datang ke TPS karena situasi pandemi, pemilih yang tengah mengisolasi diri, atau yang positif Covid-19.

Ketentuan mengenai kriteria pemilih yang menggunakan metode KSK bisa diatur lebih lanjut melalui Peraturan KPU (PKPU).

Petugas yang mendatangi pemilih pun akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) supaya tak terjadi penularan virus. "Intinya Kotak Suara Keliling ini untuk jemput bola, agar tingkat partisipasi tidak mengalami penurunan," ujar Pramono.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved