Breaking News:

Kampusiana

Selipkan Kampanye Protokol Kesehatan Madihin, Ini Tujuan Tim PKM-M ULM Kalsel

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan program pemberdayaan di SDN 4 Cempaka Banja

Foto kiriman Tim PKM-M untuk Bpost
Musik panting sedang digelar Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Lambung Mangkurat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan program pemberdayaan di SDN 4 Cempaka Banjarbaru. 

Kegiatan berjudul “Komunikasi, Informasi dan Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Metode Madihin dan Panting” melibatkan beberapa mahasiswa, yaitu Eva Mujiarahmah, Muhammad Hidayattollah, Romi Hermawan, Deddy Hermawan, Muhammad Azmiyannor, dan Rabi’ah Arliana. 

Anggota dari tim tersebut merupakan mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Sendratasik. Dalam tugas tersebut dosen pembimbing mereka, Fauzie Rahman, SKM, MPH turut terlibat.  

Ketua Tim PKM-M, Eva Mujiarahmah, Minggu (20/9/2020) mengatakan program pemberdayaan masyarakat tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Selain itu juga keterampilan dalam memainkan alat musik madihin dan panting sebagai sarana dalam penyampaian pesan kesehatan sekaligus guna memperkenalkan dan melestarikan sejak dini terhadap budaya khas Kalimantan Selatan. 

"Saat ini kebersihan diri (personal hygiene) sangat penting untuk menjaga diri dari berbagai penyakit, salah satunya pandemi Coronavirus (Covid-19) yang terjadi saat ini hampir di seluruh dunia yang mengharuskan kita semua untuk tetap menjaga kesehatan baik diri sendiri, keluarga dan lingkungan dengan mulai menjaga personal hygiene kita," tuturnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Personal Hygiene yang baik harus mulai diterapkan sejak dini, karena apabila sejak dini anak telak diberikan pengetahuan tentang kebersihan diri, maka anak dapat menumbuhkan kebiasaan yang baik dalam praktik personal hygiene perorangan  seperti perawatan kulit kepala dan rambut, mata, hidung, telinga, mulut, gigi dan hygiene makanan dan minuman yang dikonsumsi.  

Sekolah Masih Ditutup, Tim Pakar ULM Kemukakan Skema Sekolah Outdoor

KKN di Tala dalam Suasana Pandemi, Begini Ragam Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa ULM

Personal hygiene yang tidak baik pada usia anak sekolah dapat menimbulkan beberapa permasalahan kesehatn seperti infeksi kesehatanm kecacingan, flu dan diare, maka dari itu menjaga kebersihan diri itu harus sejak diri diterapkan dan dibiasakan. 

Program tersebut dijelaskan Eva berlangsung secara berkelanjutan. Terdapat dua metode dalam program ini yakni dengan bemadihin dan musik panting. 

Eva mengatakan alasan mengapa metode ini yang digunakan agar penyampaian pesan kesehatan kepada anak sekolah dasar mudah dimengerti dengan menggunakan Bahasa kesehariannya dan mudah diingat. Selain itu juga untuk anak sekolah dasar tidak merasa bosan dengan harapan terjadi interaksi yang baik sesame siswa. 

Madihin merupakan kesenian trasidi suku banjar, Kalimantan Selatan. Kesenian madihin adalah penyajian suatu syair, yaitu suatu jenis puisi dalam sastra Indonesia. Namun syair dalam madihin disampaikan dalam bahasa Banjar. Suatu penyajian yang unik dari sebuah pergelaran kesenian madihin ialah adanya tema saling sindir-menyindir antara para pemadihin. 

Halaman
1234
Penulis: Nurholis Huda
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved