Breaking News:

Lifestyle

Shibori Asal Jepang Ancam Sasirangan, Nabil Minta Pengrajin Banua Waspada

Desainer Kalsel Nabil Salim mengingatkan Pengrajin Sasirangan di Kalimantan Selatan harus hati-hati dengan kain Shibori asal Jepang.

Nabil Salim untuk BPost
Sasirangan bikinan Nabil Salim dipakai show dan pembuatan iklan oleh Poppy Dharsono. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASIN POST.CO.ID - Pengrajin Sasirangan di Kalimantan Selatan harus hati-hati dengan kain Shibori asal Jepang.

Teknik pembuatan kain asal negeri Matahari Terbit hampir mirip dengan proses pembuatan Sasirangan yakni dengan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan.

"Pemerintah dan pengrajin di Banua harus hati-hati dengan kehadiran kain Shibori asal Jepang. Kain ini sudah mendunia yang dikenal perancang busana terkenal asal negara Sakura," kata designer Banua, Nabil Salim, Senin (21/9/2020).

Menurutnya, motif kain Shibori asal Jepang ini hampir mirip dengan Sasirangan, sehingga bila pemerintah Kalsel kurang perhatian, bisa diakui negara lain.

Sasirangan Rancangan Nabil Dibeli Poppy Dharsono, Desainer Banua Ini Ingin Go Internasional

KalselPedia - Mengenal Kain Sasirangan Khas Banjar

Nabil yang juga mengingatkan agar pengrajin Banua harus terus berinofatif dalam membikin motif Sasirangan, sehingga tak hanya dibeli masyarakat Kalsel, juga nasional dan internasional.

"Saya pribadi berusaha membikin motif Sasirangan modern. Alhamdulillah, Sasirangan bikinan saya diendorse artis ternama Indonesia dan dilirik perancang busana Ivan Gunawan. Ini ada lagi satu lagi karya Sasirangan saya berkolaborasi dengan perancang busana ternama Poppy Dharsono yang tampil di acara show maupun model iklan," ujarnya.

Dijelaskan Nabil, rancangan busana Sasirangannya yang berkolaborasi dengan Poppy tampil di acara Festival Fashion Dan Budaya Dari Indonesia Meluncurkan Fashi (ON) Line.

Lebih dari 25 perancang busana Indonesia seperti Poppy Dharsono, Denny Wirawan, Alleira Batik, Steven Huang, Yosafat Dwi Kurniawan dan Rama Dauhan ikut serta.

Juga ada perancang busana internasional asal Venezuela, Yordania, Belanda, Nigeria, Australia, Malaysia, dan Belgia yang berpartisipasi.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved