Breaking News:

Lifestyle

Usung Sasirangan di Fashion Internasional, Desainer Kalsel Ini Kolaborasi dengan Perancang Nasional

Perancang ternama Naniek Rachmat mengajak designer Banua, Nabil Salim untuk berkolaborasi mengusung Sasirangan dalam fashion internasional.

banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar
Desainer Banua Kalsel, Nabil Salim bersama model mengenakan hasil rancangannya 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perancang-perancang busana nasional mulai tertarik dengan kain khas Sasirangan asal Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Poppy Darsono, kini perancang ternama Naniek Rachmat yang mengajak designer Banua, Nabil Salim untuk berkolaborasi mengusung Sasirangan dalam fashion show internasional.

"Alhamdulillah, beberapa perancang nasional mengajak saya berkolaborasi mengusung Sasirangan bisa bersaing dengan kain Shibori dari Jepang di kancah internasional," kata Nabil, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, kain Sasirangan ini bila dibikin dengan inovasi baru, kekinian dan trend dunia, akan mampu 'dijual' di permodelan internasional.

Kebakaran di Gang Satria Kuin Cerucuk Banjarmasin, Warga Melihat Kobaran Api di Bagian Atap

Pemuda Asal Banua Kupang Kabupaten HST Luka-luka Akibat Dibacok Kerabat

Gadis Asal Amuntai HSU Ini Dulunya Sering Dibully, Sekarang Go Internasional Keliling 15 Negara

"Inilah yang saya usahakan saat ini, bagaimana Sasirangan mampu tampil di acara-acara fashion show dunia  bekerja sama dengan perancang ternama Indonesia," tandasnya.

Menurutnya, kerja sama dengan Naniek akan ditampilkan tahun 2021 mendatang, karena masih membikin konsep Sasirangan yang menarik.

Walau pun membidik perancang nasional dan diharapkan mendunia, menurut Nabil tetap akan menggandeng pelaku UMKM Sasirangan daerah 

"Ini saya melakukan kerjasama dengan Dewan Kerajinan Balangan yang diketuai isteri Bupati Balangan untuk menggelar Workshop Pengembangan Inovasi dan Pemantapan Kualitas Produk Balangan ke Mata Nasional dan internasional," katanya.

Nabil berharap, nantinya inovasi Sasirangan bekerja sama dengan pengrajin Balangan memunculkan ikon Sasirangan daerah tersebut.

"Saya nantinya akan menampilkan ikon Sasirangan Balangan ini yang akan saya kolaborasikan dengan perancang-perancang model nasional untuk ditampilkan di fashion nasional dan internasional," katanya.

Namun, Nabil masih belum membeberkan ikon Sasirangan Balangan yang bakal diusung nanti. Tapi dirinya sedikit memberi bocoran, masih terkait dengan etnik dan alam di Balangan.

"Semoga Ikon Sasirangan Balangan ini nantinya bisa bersaing dengan kain Shibori asal Jepang.

(banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)
 

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved