Breaking News:

Tajuk

Solusi untuk Garda Terdepan

Kabar tak mengenakan menghampiri para tenaga kesehatan yang saat ini masih berjuang sebagai garda terdepan dalam pengananan covid-19

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kabar tak mengenakan menghampiri para tenaga kesehatan yang saat ini masih berjuang sebagai garda terdepan dalam pengananan covid-19.

Bagaimana tidak. Saat mereka menikmati hasil pengorbanan yang mereka lakukan untuk penanganan covid-19, mereka justru diminta mengembalikan uang lelah yang mungkin sudah mereka gunakan untuk hidup sehari-hari, yang bersumber dari APBD Provinsi Kalsel.

Alasannya, para tenaga kesehatan tersebut juga menerima Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sebagaimana disebutkan Plt Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Dr dr Izaak Zoelkarnain, para tenaga kesehatan yang menerima insentif ganda diminta mengembalikan dana insentif atau uang lelah yang diterima dari APBD Provinsi Kalsel setelah terbitnya Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/447/2020 Tentang Pemberian Insentif dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan yang Menangani Covid-19.

Artinya, para tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 dan menerima insentif dari Kemenkes RI tidak lagi diberikan insentif atau uang lelah dari APBD daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel.

Surat ini menurutnya keluar setelah BPBD Provinsi Kalsel sudah terlanjur menyalurkan insentif.

Bisa dipastikan, adanya kewajiban mengembalikan uang lelah tersebut secara psikologis sangat berpengaruh terhadap para petugas medis tersebut.

Mau tidak mau mereka harus memikirkan bagaimana cara mengembalikan uang insentif yang sudah terlanjur digunakan. Walau pun nantinya diperbolehkan mencicil, tetap saja itu akan menjadi beban pikiran mereka.

Yang dikhawatirkan, permasalahan ini akan berdampak terhadap spirit dan kerja keras mereka dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

Berkaca dari itu, pemerintah daerah atau pihak terkait sepertinya harus mempertimbangkan dan berkoordinasi kembali dengan pusat terkait kewajiban para petugas media mengembalikan uang lelah yang bersumber dari APBD Kalsel tersebut.(*)

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved