Breaking News:

Kampusiana

Edukasi Kesehatan ke SDN 4 Cempaka Banjarbaru, Tim Mahasiswa ULM Ini Gunakan Madihin dan Panting

Edukasi kesehatan di SDN 4 Cempaka Banjarbaru, Tim PKM-M ULM menggunakan media seni musik panting dan madihin.

istimewa
Mahasiswa ULM melakukan edukasi kesehatan dengan musik panting. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan program pemberdayaan di SDN 4 Cempaka Banjarbaru.

Tim PKM-M ini telah melaksakan kegiatan pada hari Selasa, 15 september 2020 dan merencanakan Pelaksana program hingga September 2020.

Kegiatannya berjudul Komunikasi, Informasi dan Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Metode Madihin dan Panting.

PKM-M melibatkan Eva Mujiarahmah, Muhammad Hidayattollah, Romi Hermawan, Deddy Hermawan, Muhammad Azmiyannor, dan Rabi’ah Arliana.

Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Tampilkan Alunan Musik Panting, Bupati Kotabaru Pun Terkesima

VIDEO Hiburan Musik Panting Banjar di Siring Tendean Kalimantan Selatan

Lewat Seni Bertutur, Pemadihin Wanita ini Bisa Menyampaikan Kritik dan Saran

Anggota dari tim tersebut merupakan mahasiswa dari Program Studi kesehatan Masyarakat dan Program Studi Sendratasik. Dosen pembimbing mereka, Fauzie Rahman, SKM., MPH juga turut terlibat.

Ketua Tim PKM-M, Eva Mujiarahmah mengatakan bahwa program pemberdayaan masyarakat itu tujuannya meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku.

"Selain itu juga keterampilan dalam memainkan alat musik madihin dan panting sebagai sarana dalam penyampaian pesan kesehatan sekaligus guna memperkenalkan dan melestarikan sejak dini terhadap budaya khas Kalimantan Selatan," jelasnya.

Saat ini kebersihan diri (personal hygiene) sangat penting untuk menjaga diri dari berbagai penyakit, salah satunya pandemi Coronavirus (Covid-19) yang terjadi saat ini hampir di seluruh dunia yang mengharuskan kita semua untuk tetap menjaga kesehatan baik diri sendiri, keluarga dan lingkungan dengan mulai menjaga personal hygiene kita.

"Personal hygiene yang baik harus mulai diterapkan sejak dini, karena apabila sejak dini anak telah diberikan pengetahuan tentang kebersihan diri, maka anak dapat menumbuhkan kebiasaan yang baik dalam praktik personal hygiene perorangan seperti perawatan kulit kepala dan rambut, mata, hidung, telinga, mulut, gigi dan hygiene makanan dan minuman yang dikonsumsi," beber Eva.

Halaman
123
Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved