Breaking News:

Lifestyle

Anggrek Agar Selalu Berbunga dan Tahan Lama, Simak Tips dari Ketua Yayasan Anggrek Meratus

Pemula ingin pelihara anggrek ternyata sulit. Ketua Yayasan Anggrek Meratus Kalimantan berbagi tips dan cara pelihara anggrek berbunga tahan lama

banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar
Aktivitas jual lebih tanaman anggrek yang selalu diminati masyarakat 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bagi pemula yang ingin memelihara anggrek, ternyatanya media yang diperlukan tidak terlalu sulit.

"Media menanam Anggrek  cukup berupa arang, sabut, pakis dan juga bisa ditempel kayu lapuk. Karena hidupnya anggrek aslinya di pohon," papar Sanah, Ketua Yayasan Anggrek Meratus Kalimantan.

Untuk memelihara anggrek agar bunganya selalu berkembang dan tahan lama ada beberapa tips.

Tempatkan tanaman anggrek di area yang terkena sinar matahari alami, namun area tersebut tidak boleh terlalu panas.

Warga dari Kandangan HSS Ini Bawa 200 Anggrek, Laris Terjual di Pasar Minggu Pal 7 Kertak Hanyar

Jelang Final Lomba Dapoer Everywhere Bersama BrightGas, Persiapan Pertamina Seperti Ini

Abaikan Protokol Kesehatan, Sembilan Tempat Usaha di Kota Banjarbaru Dapat Teguran Tertulis

Hindari masuknya sinar matahari secara berlebihan, Kelebihan intensitas cahaya matahari akan menyebabkan daun-daun menguning seperti terbakar.

Lalu, agalah tanaman anggrek agar tetap lembab. Tanaman anggrek merupakan tanaman tropis dan lingkungan alaminya adalah daerah yang lembab.

Terlalu banyak memberikan air pada tanaman justru akan merusak anggrek. Penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi hari jam 07.00-09.00 WIB, dan sore hari jam 15.00-17.00 WIB.

Tempatkan anggrek dalam pot kecil. Akar-akar halusnya membutuhkan pot kecil untuk tumbuh dan berkembang.

Penggantian pot sangatlah penting, karena merupakan bagian dari proses penanaman ulang dengan pot yang lebih besar dengan media tanaman baru.

Tanda pot anggrek sudah harus diganti adalah pot dipadati oleh tunas baru, pot sudah tidak cukup menampung perakarannya, media tanam banyak ditumbuhi lumut, media tanam sudah hancur dan lapuk.

Selanjutnyq, anggrek akan tumbuh baik di dataran tinggi, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk hidup di dataran rendah.

Yang terpenting adalah menjaga agar suhu di sekitarnya tidak terlalu panas, contohnya dengan menempatkannya di dalam rumah kaca.

Suhu yang baik untuk anggrek adalah 15 derajat Celcius-35 derajat Celcius dan suhu maksimal 20 derajat Celcius dengan sirkulasi udara yang baik. Kelembaban udara berkisar 65 derajat Celcius-70 derajat Celcius.

(banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved