Berita Banjar

Berkas Tak Lengkap, Satu Partai Terancam Tak Dapat Pencairan Bantuan Partai

Masih ada satu partai politik yang belum menyelesaikan berkas administrasi dan syarat yang sesuai perundang-undangan

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Istimewa
Ilustrasi-Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur terima penyerahan LHP dana bantuan parpol di kantor BPK RI Kalsel 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Masih ada satu partai politik yang belum menyelesaikan berkas administrasi dan syarat yang sesuai perundang-undangan untuk mendapatkan bantuan partai politik dari Pemkab Banjar, yakni PAN.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Kesbangpol Banjar Riza Rusadi Selasa (29/9/2020) kemungkinan hanya sembilan partai politik dari 10 parpol yang akan mendapat bantuan setelah dilakukan verifikasi.

Pasalnya, satu partai yakni PAN belum melengkapi berkas untuk mendapatkan bantuan.

Dalam Minggu ini ujar Riza memang ada perbaikan permohonan dari partai politik. Paling lambat dalam satu Minggu berkas perbaikan proposal harus selesai.

Dana Bantuan Partai Politik Kalteng Capai Rp 1,7 M, Siap Dibagikan ke Sembilan Parpol Pemenang Pileg

Pemprov Tetap Akan Berikan Dana Bantuan Parpol di 2020, Besarannya Segini

Semua lampiran proposal diverifikasi, mulai tanda tangan, cap stempel, kepengurusan, perolehan kursi, rekening koran, dan surat keterangan perolehan kursi. Juga ada tambahan beberapa berkah yang dilegalisir.

"Tim yang akan menverifikasi terdiri dari bagian hukum, inspektorat, BPKAD, bersama Kesbangpol melaksanakan rapat. Sebanyak sembilan item yang wajib dipenuhi oleh parpol yang mengajukan bantuan dana rutin tersebut," ujarnya.

Tambah Riza, parpol juga wajib menyerahkan laporan realisasi bantuan parpol tahun sebelumnya yang sudah diaudit oleh BPK RI Perwakilan Kalsel.

"Itupun sampai kemarin, baru enam partai yang menyelesaikan semua kelengkapan administrasi yang diminta. Sisanya, berjanji sepekan menuntaskan perbaikan," tambahnya.

Penyaluran dana bantuan tersebut tambahnya disalurkan oleh BPKAD ke masing-masing partai politik.

Jumlah bantuan berbeda setiap partai politik. Variasi itu sesuai jumlah perolehan suara pada pemilihan legislatif 2019 lalu. Besar bantuan per suara Rp 4 ribu yang dikali dengan jumlah suara tiap partai.

Wakil Bupati Banjar Terima Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI terkait Dana Bantuan Parpol

Semua partai yang mendapat bantuan adalah partai yang mendudkan wakilnya di kursi DPRD Banjar. Kesembilan parpol yang menerima bantuan adalah Nasdem Rp 172 juta, Golkar Rp 196 juta,PKS Rp 40 juta, PDI-P Rp 71 juta.

Kemudian, PKB Rp 120 juta, Gerindra Rp 196 juta, Demokrat Rp 97 juta, PPP Rp 120 juta, dan Hanura Rp 22 juta. Sedangkan PAN rencananya akan mendapat bantuan Rp 69 juta bila melengkapi berkas. (Banjarmasinpost.co.id/milna sari)

  • Berita Terkait :#Berita Banjar
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved